Senin, 13 April 2020

Penyerahan Masker Kain oleh Mahasiswi Jurusan Tata Busana 2017

Penyerahan Masker Kain oleh Mahasiswi Jurusan Tata Busana 2017

Serah terima masker kain oleh dekan Fakultas Teknik UNJ(kiri)

Penyerahan masker kain buatan mahasiswi Jurusan Tata Busana sebanyak 240 buah kepada pihak wakil rektor bidang kemahasiswaan UNJ telah dilakukan pada Selasa, 7 April 2020.
Kegiatan ini berawal dari 13 mahasiswi Jurusan Tata Busana angkatan 2017 yang merencanakan untuk membuat baju APD dengan tujuan membantu para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan dalam menangani pandemi yang sedang terjadi saat ini. Namun, karena terkendala mesin khusus yang diperlukan dalam pembuatan APD seperti yang tertera dalam SOP pembuatannya, mereka mengalihkan kegiatan ini dengan membuat masker kain agar tetap dapat berkontribusi pada keadaan yang ada.
Senin, 30 Maret 2020, para mahasiswi ini mulai merencanakan segala sesuatu yang diperlukan dari mulai bahan dan teknis pengerjaannya. Mereka menargetkan setiap orang untuk menyelesaikan 20 masker dalam waktu seminggu dan 1 orang untuk menangani desain masker.
Tidak ada tahapan yang berbeda dari pembuatan pada umumnya pada kegiatan ini. Dari mulai pembelian bahan, pemotongan bahan, proses jahit, finishing dan packing sebelum masker-masker sebelum didistribusikan
Bahan yang diperlukan dibeli oleh perwakilan dari mereka dan didistribusikan ke rumah 11 orang lainnya. Kendala yang menghambat berjalannya kegiatan ini yaitu karena adanya social distancing selama masa pandemi yang membuat mereka tidak mungkin menyelesaikan kegiatan ini di satu tempat dalam waktu yang bersamaan dan harus mengirim barang-barang yang diperlukan melalui kurir dari satu rumah ke rumah anggota yang lain.
Segala sesuatu yang diperlukan pada awalnya akan menggunakan dana pribadi dari para mahasiswi ini sebelum akhirnya kegiatan ini didengar oleh pihak Rektorat melalui Bu Vera Utami Gede Putri, S.Pd., M.Ds. selaku salah satu dosen fakultas teknik yang mengajar di jurusan Tata Busana yang mengetahui tentang kegiatan ini kemudian membuat mereka mendapat bantuan dana dari pihak Rektorat.
Semua masker diselesaikan sesuai target dan diserahkan kepada pihak Rektorat yang selanjutnya akan didistribusikan kepada masyarakat luas.
Para mahasiswi ini berharap masker buatan mereka dapat bermanfaat dan digunakan sebagaimana mestinya. Mereka juga berharap masyarakat yang menerima bantuan ini dapat mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Narasumber : Tanaya Avicena Reksa (Tata Busana angkatan 2017)


Aulia Fitri Maharani

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878