Jumat, 02 Agustus 2019

Pendidikan Geografi

Pendidikan Geografi





Mendengar kata geografi, kita pasti mengaitkannya dengan bumi karena di bidang itulah mereka berkutat. Geografi mempelajari tentang bumi dan segala isinya. Untuk belajar geografi, pasti ada prakteknya juga. Tanpa praktek, dan hanya mengandalkan teori, ilmu tentang geografi akan tersendat. Iya, kan?

Maka dari itu, tiap tahun, bahkan tiap semester, geografi terdapat mata kuliah yang mengharuskannya untuk belajar di lapangan. Belajar di lapangan bukan hanya di luar kelas atau kampus, tapi sampai keluar kota, bahkan pulau. Pada semester ganjil, belajar dilapangan disebut fieldtrip sedangkan semester genap disebut pkl (praktek kerja lapangan). Wah, seruya jadi sering jalan-jalan.

Belajarnya saja sudah menarik, acara-acaranya pun tidak kalah menarik. Seperti, festival geografi, seminar-seminar tentang kebumian (kegeografian), bahkan geogragi cup. Acara tersebut diselenggarakan untuk umum. Untuk anak geografi internal pun punya acara sendiri. Nama acaranya cukup panjang, yaitu Pengenalan Fisik Sosial dan Ramah Tamah (NALFISOSRATA). Acara ini merupakan ajang kumpul mahasiswa baru hingga alumni-alumni. Tentunya, tujuan acara ini adalah tempat berkenalan dan sharing-sharing lintas angkatan.

Prospek kerja pada jurusan ini cukup luas. Bisa kita lihat dari alumni jurusan pendidikan geografi ini. Selain menjadi guru atau dosen, terdapat pula yang menjadi spesialisgis (Sistem Informasi Geografi), surveyor, kartografer, peneliti, dan lain sebagainya. Wah, menarik.

Jadi, buat kalian yang tertarik mempelajari bumi dan seisinya, cocok banget masuk di jurusan pendidikan geografi ini, apalagi yang mempunyai jiwa mengajar juga. Jika masih ingin mengetahui tentang jurusan ini, silahkan komen di bawah. Terima kasih, edufriend!


Rafida Dwikaneta

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078