Sabtu, 03 Oktober 2015

Civil Expo

Civil Expo (CIVEX) yang diadakan sepanjang bulan September 2015, kemarin (26/09), baru saja mengadakan acara terakhir sekaligus acara penutup dalam rangkaian event ini. Acara yang terbuka untuk umum ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.  Tema CIVEX tahun ini yakni Alternative Energy. Hal ini terlihat dari seminar yang diadakan, yakni bagaimana upaya untuk menghemat energi. Menurut Muhammad Abdullah, Ketua Pelaksana CIVEX tahun ini, yang membedakan CIVEX dari tahun-tahun sebelumnya ialah rangkaian acara yang lebih banyak, tema, serta penutupan rangkaian acara yang menggabungkan comedy, art, dan charity atau amal dalam suatu acara. “Persiapan kita sudah dari bulan Agustus tahun 2014 untuk pembentukan panitia dan mulai aktif 3 bulan sebelum acara,” tutur M. Abdullah.
Ada 5 rangkaian acara dalam Civil Expo tahun ini, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah; Civil On



Lens; Odysce, seminar tentang pembangunan transportasi; Civil On Concrete, seminar tentang beton; dan yang terakhir adalah Catch: Comedy, Art, dan Charity. Selain itu, Civil Expo juga mengadakan pameran lukisan. Acara Catch mendatangkan banyak pengisi acara yang keren, seperti para comic dari Stand Up Comedy: 5 Stand Up UNJ (Yudha, Ibnu, Adit, Indra, dan Faisal), dan 2 Finalis Stand Up Comedy Indonesia Season 5 (Rahmet dan Afif). Pengisi acara lainnya yakni The Wose, Belmen, No Name, Sold Out, Batang Bambu, Muter Balik, Seni Tari UNJ, dan Ferry Beat. Walaupun sempat "ngaret", tetapi acara tetap ramai dan berjalan dengan sangat rapi. Acara ditutup dengan ber-selfie bersama-sama para Comic.
“Harapan diadakannya acara Civil Expo ini, sebenarnya untuk branding jurusan Sipil, karena masih banyak orang di sekeliling kita masih berfikir kalau jurusan Teknik Sipil akan bekerja di pemerintahan seperti kelurahan atau bahkan menjabat sebagai ketua RT/RW. Padahal, jurusan Teknik Sipil lebih dari itu,” jelas Ketua Pelaksana Civil Expo 2015. Semoga dengan adanya acara ini, jurusan Teknik Sipil dapat lebih menginspirasi dan mengajak anak muda khususnya mahasiswa/i UNJ untuk lebih menghemat enegi dan dapat memaksimalkan alternative energy yang ada di bumi.

Ajeng Bramanthi Cendik

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878