Jumat, 29 Mei 2015

Media Massa Wadah Puisi


          “Puisi merupakan pangkal dari karya sastra,” ujar Ilma de Sabrini mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia sekaligus ketua divisi acara seminar SELANGIT BIRU. Seminar yang diadakan oleh kelas 2PB2 jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini mengusung tema “Puisi dalam Media Massa” dengan pembicara dua orang sastrawan Indonesia yakni Khirsna Pabichara dan Adimas Immanuel. Berangkat dari kegelisahan mengenai bagaimana peranan dan penerimaan media massa terhadap karya sastra khususnya puisi. Acara yang dilaksanakan rabu, 27 Mei 2015 ini menyuguhkan animo yang cukup baik dari penikmat sastra. Terbukti dari banyaknya penonton yang hadir kala itu, serta terjalinnya diskusi yang menarik.

        “Ada banyak yang mengirimkan puisi mereka ke media massa cetak yang ada di Indonesia dengan berbagai macam alasan. Ingin terkenal, ingin dapat honorarium, dan masih banyak alasan lainnya. Tapi bila kita membut puisi dengan alasan tersebut maka perbaikilah motivasi atau tujuanmu menulis.” Ujar Adimas Immanuel yang menjawab pertanyaan salah satu penonton mengenai motivasi menulis dan pengiriman ke media massa cetak.

          Mengutip dari pernyataan Khrisna Pabichara, Sesuatu yang berasal dari hati akan lesap ke hati maka puisi yang tidak ditulis menggunakan segenap hati dan perasaan pembaca akan merasakan keganjilan didalamnya, karena puisi punya nilai rasa dan nilai rasa tiap orang pun berbeda. Tentulah nilai rasa yang berbeda itu dialami juga oleh para redaksi media-media massa di Indonesia dalam menyeleksi puisi-puisi yang dikirimkan.


 Uti Nantika

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878