Senin, 09 Mei 2022

WEBINAR SOCIOPRENUR & TALK SHOW TECHNOPRENEUR PRM 2022


WEBINAR SOCIOPRENUR & TALK SHOW TECHNOPRENEUR PRM 2022

Oleh: Rifanny Amalia



Tangerang – Halo Edufriend! Untuk mengawali kegiatan produktif setelah libur lebaran kali ini ada kegiatan menarik yang bisa Edufriend ikuti yang diselenggarakan  oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Pembangunan Jaya, yaitu acara tahunan kegiatan Pekan Raya Manajemen. Pada Senin (09/05/2022) dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dengan pengisi acara yang keren-keren. Simak infonya sampai habis yuk!


Kegiatan webinar dan talkshow mengusung tema “Bersinergi Meningkatkan Wawasan Ilmu Pengetahuan dan Daya Minat Masyarakat Dalam Bidang Sosial dan Teknologi Guna Mendukung Pertumbuhan Bisnis Yang Berkelanjutan” ini menghadirkan 2 pengisi acara. Pada sesi webinar narasumber merupakan Founder dari Kampung Inspirasi yang merupakan tempat wisata edukasi dan entrepreneurship yang dibangun untuk memberikan sarana pendidikan bagi masyarakat sekitar, yaitu Sultan Alfathir. 


Beliau yang lahir di Lamongan pada 3 Juni 1995 ini menceritakan bagaimana ia mengawali bisnis Kampung Inspirasi ini, semua berawal dari keinginan untuk mendapatkan penghasilan dalam masa kuliahnya sehingga ia merintis bisnis yang sering ia lakukan adalah di bidang pangan karena beliau juga merupakan lulusan terbaik di Teknologi Pangan Universitas Brawijaya tahun 2017. Namun tidak semudah yang dibayangkan beliau mencoba membuka peluang bisnis dimana ia juga bisa berguna bagi masyarakat, memperhatikan lingkungan sekitar, dan juga mengapresiasi para pendidik yang saat itu masih minim perhatian.

Dengan tekadnya beliau bisa mendirikan Kampung Inspirasi yang berguna bagi semua orang dan sejauh ini sudah sebanyak 450 sekolah yang mengunjungi dan mendapatkan pembelajaran edukasi yang diberikan. 


“Kunci utama berbisnis ialah mendapatkan partner dengan satu visi dan membuat branding diri di sosial media yang bisa dimanfaatkan agar investor tertarik untuk menanamkan modalnya” begitu yang beliau ucapkan saat dilontarkan pertanyaan tips apa yang harus dimiliki para pebisnis awal.


Selanjutnya pada sesi talkshow menghadirkan salah satu Founder media alternatif yang dikenal sebagai Folkative di platform Instagram, yaitu Kenneth William. Beliau mendirikan Folkative sebagai wadah untuk memberikan informasi selayaknya seorang teman yang berbincang santai, penyampaiannya tidak berat sehingga informasi lebih mudah disampaikan dan diterima para pembacanya.

“Untuk konten sendiri kalo itu ada suatu trending di pagi, tim gue bakalan update di siang. Atau ada trending di siang, tim juga kemungkinan update malam. Jadi lebih disaring lagi sih apa yang mau gue post, apa yang mau gue ajakin diskusi sama para followers Folkative sendiri”


Ujar Kenneth dalam menyampaikan bentuk konten yang disediakan oleh platform yang mereka bangun tersebut. Beliau juga menjelaskan konsep Folkative dengan warna yang kontras hitam putih juga dipilih karena sebagai hal yang simpel dalam editing dan juga penggunaan caption bahasa Inggris di setiap postingannya untuk menunjukkan media Indonesia terkenal sampai luas.


“Kita juga mempersiapkan hal lain semacam Folkative di platform Twitter, tidak dengan nama yang sama namun orangnya masih di dalam tim gue juga, jadi bisa ditunggu gimana nanti perkembangannya.” 


Ujar Kenneth diakhir sesi tanya jawab mengenai perkembangan atau adanya Folkative di platform lain. Beliau juga mengatakan untuk membangun sesuatu berdasarkan passion, diharapkan juga ada timbal balik yang bermanfaat bagi diri kalian sendiri. 


Kegiatan webinar dan talkshow diakhiri dengan sesi foto bersama dan pembagian doorprize kepada para peserta yang aktif. Kegiatan Pekan Raya Manajemen ini juga mengadakan 4 perlombaan diantaranya Valorant, Mobile Legend, Essay, dan Business Case yang diselenggarakan tanggal 10-13 Mei 2022. Kegiatan webinar dan talkshow ini menjadi Opening Ceremony dari Pekan Raya Manajemen dan akan ada Closing Ceremony yang diadakan pada 14 Mei 2022 mendatang. 


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078