Jumat, 26 Agustus 2016

Wajah Pariwisata Indonesia #KATAUNJ10

          Mengembangkan industri pariwisata Indonesia sangat dimungkinkan, karena begitu banyaknya potensi yang dapat dikembangkan di Indonesia. Mulai dari keindahan alam yang beragam, peninggalan sejarah yang menarik, keunikan budaya dan berbagai suku bangsa yang dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai obyek wisata.

Semua kelebihan yang dimiliki itu tidak dapat begitu saja memberi nilai tambah bagi pengembangan pariwisata Indonesia bila tidak diiringi dengan upaya untuk menarik minat wisatawan agar tertarik untuk mengunjungi serta menikmati berbagai obyek wisata yang ada.

Menurut saya, Jendela Nusantara akan lebih terbuka lebar di kancah dunia dengan didukungnya upaya untuk menarik minat wisatawan. Bisa saja dengan mengenalkan potensi yang ada di Indonesia seperti berbagai obyek wisata maupun budaya-budaya yang ada di Indonesia ke berbagai Negara di dunia, hal tersebut dapat dilakukan jika adanya inisiatif dari industri pariwisata untuk memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia ke berbagai Negara di dunia. Dengan begitu dapat menarik minat wisatawan dari berbagai Negara dan dapat meningkatkan industri pariwisata ke tingkat internasional.


Namun untuk membangun daya saing dengan berbagai negara di dunia objek wisata yang ada di Indonesia harus memiliki kualitas yang baik agar tidak kalah bersaing dengan Negara-negara lain. Hal yang harus dikembangkan diantaranya adalah bagaimana agar obyek-obyek wisata yang ada di Indonesia atau yang akan dikembangkan terjamin keamanannya agar wisatawan tidak enggan untuk datang ke obyek wisata tersebut, selain itu terpelihara kebersihannya karena Negara-negara lain sangat menjaga dan memelihara kebersihan tempat serta sangat peduli terhadap lingkungan. Seperti pada pelestarian lingkungan hidup pada obyek-obyek wisata termasuk menjaga hutan lindung dan reboisasi hutan. 

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya menangani pemanasan global yang telah banyak dirasakan berbagai negara dengan perubahan musim yang tidak menentu, kita sebagai Negara yang ingin maju tentu harus sangat memperhatikan hal tersebut.

Apalagi saat ini sedang banyak dibicarakan tentang ekowisata, Ekowisata dimulai ketika banyaknya dampak negatif dari kegiatan pariwisata di antaranya berupa kerusakan lingkungan dan terpengaruhnya budaya.

Membangun daya saing bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain yang telah lebih dulu unggul dalam industri pariwisata maka yang harus dilakukan adalah bagaimana mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh negara ini, selain itu juga memilih wilayah mana yang dapat menjadi potensi keunggulan bangsa ini dan dijadikan sebagai obyek wisata yang baik, berkualitas dan menarik perhatian mancanegara. Tentu bagi insan pariwisata sudah menjadi tugasnya untuk memajukan industri pariwisata Indonesia. Semoga kita khususnya insan pariwisata dapat memajukan industri pariwisata di Indonesia hingga ke tingkat Internasional.


ELVIRA ROSALINA
PENDIDIKAN SENI RUPA
2015

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878