Rabu, 20 April 2016

Emansipasi Wanita Kini #KATAUNJ2

Tidak terasa kita telah memasuki bulan April, bulan yang identik dengan tanggal 21nya itu. Ada apa sih di tanggal 21 April? Yap,  tanggal 21 April yang biasa diperingati sebagai Hari Kartini, hari yang didedikasikan khusus untuk sang pejuang emansipasi wanita Indonesia, yaitu R.A Kartini. Hari Kartini ini merupakan pengingat bagi para wanita Indonesia untuk senantiasa bersyukur karena bisa hidup di masa yang begitu menjunjung tinggi persamaan hak dan derajat. Berbeda betul dengan masa – masa sebelum adanya emansipasi wanita.
Sebelum itu, sebenarnya sudah tau betul belum sih pengertian dari emansipasi itu sendiri apa? Emansipasi merupakan suatu bentuk usaha atau tindakan untuk mendapatkan hak-hak tertentu dan persamaan derajat yang diakui oleh semua orang. Emansipasi wanita adalah proses pelepasan diri para wanita dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah atau dari pengekangan yang membatasi diri untuk berkembang atau bahkan maju.
Di zamannya R.A Kartini, wanita sangat di kekang hak - haknya bahkan dianggap tidak memiliki hak apapun. Namun, sebagai salah satu wanita yang kuat, R.A Kartini terus berjuang hingga dapat membela dan memajukan para wanita Indonesia dan pada akhirnya masa – masa pengekangan tersebut berakhir dan wanita Indonesia pun dapat berkarya sesuka hatinya.
Berkat semangat keras R.A Kartini pun, kini telah banyak lahir para wanita – wanita hebat yang mewarnai Indonesia dengan segala prestasi cemerlang yang di raih di dalam maupun luar negeri. Banyak juga para wanita Indonesia yang di kenal dan di anggap paling berpengaruh di dunia. Salah satunya yaitu Sri Mulyani yang merupakan Managing Director of the World Bank Group. Usaha – usaha beliau dalam mengharumkan nama Indonesia tentu patut diapresiasi.
Jadi, kita patut bangga ya sebagai wanita Indonesia bisa merasakan manisnya emansipasi dan jangan lupa ya untuk menjadi wanita Indonesia hebat!

Nurmala Sagita Suryadi
PGSD
2015

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878