Selasa, 25 Juli 2017

Seminar Mengenal Lebih dalam Autisme

Kamis lalu (20/07) di gelar seminar autism bertempat di Gedung daksinapati (FIP) , ruang siding lantai 3, kampus A Universitas Negeri Jakarta yang dihadiri 150 pendaftar. Seminar autism di gelar oleh Program Studi Pendidikan Luar biasa khususnya kelas B angkatan 2016 yang bertemakan “Mengenal, Memahami, dan Menangani Autisme”. Tema tersebut diambil dengan tujuan agar masyarakat luas dapat mengetahui autism lebih dalam bukan hanya sekedar memberi label anak tetapi juga tau apa ciri dan tanda autism. Selain itu tujuan lainnya adalah agar orang tua lebih memperhatikan buah hatinya sedari dini agar dapat mengintervensi secara tepat. Tetapi bukan hanya mengenak seminar ini juga bertujuan untuk memberi tau cara yeng tepat menangani anak dengan autism secara dasar.

Seminar ini melibatkan 2 pembicara yang handal di bidangnya yaitu bapak  Paulus Suli, S.Pd, Msi beliau adalah pendiri sekolah kasih bunda Surabaya dan ibu Nurmayanti, S.Pd beliau tak kalah hebat, beliau adalah pemilik keanna center, school, and therapy. Selain 2 pembicara yang memberikan materi, hadir juga Dosen dari Universitas Negeri Jakarta yang turut menemani pembicara dalam memberikan materi yaitu Dr. Asep Supena, M.Psi, Selaku Dosen Universitas Negeri Jakarta program studi penddidikan luar Biasa. Seminar ini di persiapkan cukup singkat hanya kurang lebih 1 bulan dengan panita yang terlihat bersemangat. Walau hanya 1 bulan seminar ini diminati oleh kalangan umum serta hasil yang tidak mengecewakan. Yang menarik dari seminar ini terdapat pendaftar autism yang merupakan mahasiswa baru UNJ dan lebih menariknya buhan hanya satu tetapi 2 dan mereka kembar.

Motivasi pada acara ini adalah untuk memenuhi matakuliah Pers.Pendidikan Autismn yang bagaimana seminar ini adalah tugas akhir. Sebelum diadakan seminar ini team penilai dari seminar ini menyeleksi 42 laporan dari Kelas B PLB 2016 yang nantinya dipilih 2 terbaik untuk mempresentasikan dalam seminar ini. Mahasiswa yang beruntung dalam presentasi ini adalah Chika Mrianda Putri serta Citra Devi Tyas yang mengangkat perbandiangan antara 2 anak autism dengan jenis yang berbeda.

Selama acara berlangsung peserta terlihat sangat antusias terutama kalangan muda. Acara berlangsung sangat lancar yang ditutup dengan pemberian plakat kepada pembicara oleh bapak Asep Supena dan pemberian doorprize kepada penonton yang beruntung.





Muhammad Syaifullah

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878