Selasa, 09 Mei 2017

Festival Studi Luar Negeri UNJ 2017


          Kali ini Festival Studi Luar Negeri (FSLN) kembali digelar di Universitas Negeri Jakarta. Ditahun ketiga ini FSLN 2017 UNJ mengangkat tema Break Your Limit! Go Study Abroad for Indonesia Great! memiliki beberapa rangkaian acara. Di Kamis, 4 Mei 2017 adalah hari pertama dari rangkaian kegiatan Festival Studi Luar Negeri (FSLN) UNJ 2017 yang dimulai pada pada pukul 09.00 WIB dan bertempat di Aula Latief Hendradiningrat, Gedung Raden Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta. Setelah acara pembuka selesai dilanjutkan dengan sesi pertama yaitu workshop oleh Fitria Avicenna yang merupakan Awardee of University ofTwente Scholarship, workshop yang membahas mengenai Studi Plan bagaimana kita mempersiapkan diri untuk apply beasiswa ke luar negeri. Workshop ini dimoderatori oleh Vika Zakiyatun Nisa. Pada sesi kedua setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan workshop interview oleh Dr. Sofia Hartati, M.Si sebagai Interviewer of LPDP Scholarship, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ yang sudah berpengalaman dalam mewawancarai  banyak pendaftar beasiswa LPDP. Secara garis besar LPDP mencari putra-putri Indonesia terbaik yang dapat membawa nama baik bangsa di kancah Internasional. Pemateri mengatakan bahwa LPDP bukan hanya mencari kandidat yang pintar, namun lebih dari itu, yang dicari adalah kandidat dengan kepribadian yang baik dan memiliki kecintaan tinggi terhadap tanah air. Selain itu, LPDP juga mencari kandidat yang memiliki social awareness yang tinggi terhadap lingkungan sekitar. Setelah sesi kedua berakhir dilanjutkan dengan sharing session oleh kakak-kakak perwakilan PPI dari beberapa negara diantaranya : PPI Perancis, Permitha (PPI Thailand), PPI Jepang, PPI Arab Saudi, PPI Australia, PPMI Mesir, PPI Polandia dan PPI Hungaria. Peserta di bekali pengetahuan dasar mengenai interview ketika melamar beasiswa ke luar negeri dengan dibagi kedalam beberapa kelompok. Sesi simulasi interview ini menandai berakhirnya rangkaian acara pada hari pertama ini. Meskipun telah berakhir rangkaian acara dihari pertama, peserta tidak perlu khawatir karena setelah peserta keluar dari ruang workshop, stand PPI dari beberapa negara sudah menyambut dan peserta dapat dengan puas mengajukan pertanyaan terkait negara tersebut. Stand PPI free untuk umum dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB dari tanggal 4-5 Mei 2017.

Di hari kedua FSLN UNJ 2017, Kamis 5 Mei 2017 masih berlanjut rangkaian acara yang diadakan di Aula Maftuchah Yusuf Gedung Raden Dewi Sartika, IDB II. Di mulai dengan acara seminar dengan tema Be Ready and Get Prepared to Study Abroad dan beberapa pembicara yang banyak memberikan ilmunya diantaranya dari Australia Awards dan Nuffic Neso Indonesia. Di hari kedua ini tak kalah menariknya karena antusiasme para peserta pada saat sesi tanya jawab. Setelah acara seminar selesai, peserta dipersilakan untuk beristirahat dan dapat mendatangi stand PPI dari beberapa negara, karena pada hari kamis, 5 Mei 2017 ini adalah hari terakhir stand di buka. Disana kita mendapatkan banyak ilmu tentang negara yang dituju karena ramahnya kakak-kakak dari PPI negara tersebut. Selain itu peserta juga dapat foto di photobooth dan menempelkan impiannya di Wall Dream yang terletak di sekitar Aula Maftuchah Yusuf. Rangkaian acara yang kedua dihari kamis, 5 Mei 2017 adalah Talkshow oleh 2 pembicara hebat yaitu Tri Mulyani Sunarharum, PH.D dan Maulida Hadry Sa’adillah yang masing-masing memiliki cerita dan pengalaman menarik saat di negara tempat mereka study. Talkshow ini memiliki tema yaitu Wherever You Go, Whover You Want To Be, Indonesia Will Always Be Your Home.

             Di hari ketiga, yaitu hari terakhir dari beberapa rangkaian acara. Peserta yang telah mendaftar all package berhak mendapatkan Simulasi IELTS secara gratis yang dipandu oleh British Council Indonesia. Salah satu simulasi yang dipandu oleh Mr Jonathan Stevens yaitu simulasi terkait speaking IELTS dan beberapa rangkaian acara di hari ketiga menandai berakhirnya acara Festival Studi Luar Negeri (FSLN) UNJ 2017.

Dengan rangkaian acara yang diadakan oleh panitia Festival Studi Luar Negeri (FSLN) UNJ 2017 ini yang bekerjasama dengan Wakil Rektor III bidang kemhasiswaan, PPI Dunia dan Alumni PPI Dunia ini bertujuan untuk menyadarkan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta maupun di luar Universitas Negeri Jakarta, tentang bagaimana cara agar dapat melanjutkan studi di luar negeri dan mendapatkan beasiswa luar negeri. Mahasiswa yang sudah tingkat akhir khususnya yang akan apply beasiswa, agar mengetahui lebih banyak bagimana cara interview yang baik dan persiapan-persiapan lain yang sangat penting dalam apply beasiswa. Dan juga memberikan informasi bahwa beasiswa ke luar negeri sebenarnya bukan hanya melalui LPDP tetapi sangat banyak beasiswa-beasiswa yang tersedia agar kita dapat berkuliah di luar negeri secara gratis.

Persiapan acara ini sudah dipersiapkan sejak 6 bulan sebelum acara. Dengan kepanitiaan dari sebagian pengurus dari komunitas lingkar inspirasi dan beberapa volunteer dari tiap-tiap fakultas di Universitas Negeri Jakarta. Panitia pun selalu mengadakan rapat internal divisi maupun rapat besar guna mendapatkan hasil yang baik pada saat acara terselenggara. Sasaran dari Festival Luar Negeri (FSLN) UNJ 2017 ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta maupun masyarakat umum dapat mengikuti acara ini. Bahkan tak sedikit peserta yang berasal dari Pulau Jawa atau luar Jawa. Simulasi IELTS ini dilakukan untuk memperkenalkan IELTS sebagai syarat untuk mendaftar Perguruan Tinggi dalam maupun luar negeri, karena IELTS belum familiar dimhasiswa dibandingkan TOEFL.

Harapan untuk kedepannya agar Festival Studi Luar Negeri (FSLN) UNJ, lebih banyak menghadirkan PPI Dunia lagi, kualitas pembicara yang semakin meningkat dan kualitas pelayanan dari panitia yang baik agar dapat maksimal di tahun depan. Kegiatan FSLN UNJ 2017 berjalan dengan sukses karena antusiasme peserta yang sangat besar. Break Your Limit! Go Study Abroad for Indonesia Great!.



Niamul Maftuhah

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078