Minggu, 21 Mei 2017

“Explore EduTech” For Better E-Learning

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Teknologi Pendidikan UNJ, Kamis kemarin (18/5) menggelar sebuah event untuk pertama kalinya dalam kepengurusan tahun ini bertakjub “Explore EduTech” di Gedung Aula Daksinapati FIP Lt 1. Event yang berbentuk seminar. Acara ini ditargetan untuk siswa SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya agar lebih mengetahuin apa Teknologi Pendidikan itu sendiri. Selain itu, acara ini juga digabungkan dengan tugas mata kuliah Kewirausahaan Teknologi Pendidikan 2015 yaitu berupa Expo atau bazaar. Tujuan dari acara ini sendiri adalah agar semua mahasiswa Teknologi Pendidikan dan siswa SMA maupun umum mengetahuin apa itu e-learning, fungsi e-learning, bagaiamana e-learning di masa depan, dan harapan untuk e-learning masa depan di Indonesia itu seperti apa. Maka dari itu panitia mengambil tema “The Future of E-Learning” pada acara ini.

Panitia yang terlibat dalam acara ini adalah 36 orang anggota HMP TP UNJ untuk bagian seminar dan 115 orang mahasiswa Teknologi Pendidikan 2015 untuk bagian expo dan pentas seni. Acara ini sudah dipersiapakan panitia sejak 2 bulan yang lalu dan behasil mengundang Iman Usman founder dari Ruangguru.com, Winastawan Gora Founder kelas.com, dan juga Muhammad Ihsan seorang wirausahawan. Motivasi utuk membuat acara ini karena salah satu misi dari HMP TP itu sendiri ialah “dapat berkontribusi bagi masyarakat”. Maka dari itu HMP TP UNJ membuat seminar nasional yang bersifat umum bagi siapapun.

Acara tersebut berjalan sangatlah lancar sesuai rencana panitia. Open gate untuk bazaar dan pentas seni pukul 11.00 dan dilanjutkan dengan seminar ini pukul 13.00 hingga pukul 16.00. Acara tersebut cukup menarik mahasiswa UNJ khususnya FIP dan dari fakultas lain juga banyak yang datang. Total tercatat yaitu 117 peserta seminar yang mengikuti acara tersebut. Para peserta yang mengikuti seminar mendapatkan snack dan juga sertifikat. Dalam acara ini sayangnya adalah salah satu pembicara yaitu bapak Uwes Chaeruman yang tidak dapat hadir dikarenakan sedang bertugas ke Palembang. Tetapi beliau menitipkan video permintaan maaf dan diputarkan pada saat acara berlangsung. Dan ketika diskusi panel berlangsung, para peserta seminar dikejutkan dengan tersambung bapak Uwes Chaeruman memlalui skype dan beliau ikut dalam sesi tanya jawab tersebut. Ada 5 orang penanya dan 2 orang penanya terbaik mendapat hadia berupa buku yang berbau e-learning.

Hasil yang di inginkan oleh panitia penyelenggara adalah semua orang dapat mengetahui apa arti e-learning itu sendiri, bagaimana e-learning pada masa sekarang dan juga bagaimana e-learning pada masa yang akan datang. Dengan mengikuti seminar ini, peserta dapat menggunakan e-learning ini dengan bijak dan juga semoga salah satu dari peserta seminar maupun panitia dapat membuat sebuah forum belajar online seperti ruangguru.com dan juga kelase.com



Ramadhan Dwi

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078