Sabtu, 28 April 2018

Penyegaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Bagi Insan Media Massa



Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan pelatihan selama dua hari dengan tema “Penyegaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Bagi Insan Media Massa”, pada tanggal 24 – 25 April 2018 yang bertempat di Aula Lantai 2 Gedung Samudra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jalan Daksinapati Barat IV Rawamangun, Jakarta Timur.



Acara pelatihan ini menghadirkan pembicara – pembicara keren yang ahli dalam ilmu  bahasa, seperti  Bapak Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S. sebagai pimpinan Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud(Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), Dra. Ovi Soviaty R., M. Pd. , Dra. Meity Taqdir Q., M.Hum. ,dan Dr. Luh Anik Mayani. Kegiatan Pelatihan ini mengundang dan dihadiri oleh media massa (media cetak, televisi, radio), yang berada di Jakarta diantaranya ERAFM-UNJ, KompasTV, SCTV, I-Radio, Elshinta Radio, SigmaTV, Didaktika, dan masih banyak lagi, serta diikuti kurang lebih 40 peserta.
Pelatihan ini bertujuan agar insan media massa memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, memiliki wawasan luas tentang masalah kebahasaan, dan mendukung serta membantu pelaksanaan sosialisasi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di media massa.
Banyak ilmu dan materi yang diberikan dalam kegiatan pelatihan ini, di hari pertama materi yang di sampaikan terkait dengan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam media massa dan istilah, bentuk juga pilihan kata bahasa Indonesia, dan di hari kedua materi yang di sampaikan terkait dengan kalimat bahasa Indonesia, dan penyegaran bahasa Indonesia bagi insan media massa. Selain pemberian materi, kegiatan ini mengajak peserta untuk berdiskusi terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia, tanya jawab, serta praktik langsung dalam pembuatan kalimat, ejaan, dan studi kasus terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia pada media massa.
“Kelangsungan acara berjalan dengan baik, rata – rata peserta berpartisipasi dari awal sampai akhir, kalau pun ada yang izin itu karena ada liputan yang mendesak tidak bisa ditinggalkan dan memiliki antusias selama dua hari ini dilihat dari hasil tes awal dan tes akhir itu berjalan dengan baik. Harapannya dengan adanya acara ini, insan media massa memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia, kecintaannya terhadap bahasa Indonesia meningkat, wawasannya kebahasaannya bertambah, sehingga turut membina bahasa Indonesia bagi masyarakat”, ujar Eko Marini, salah satu panitia acara saat di wawancarai.
Anugerah Dwi Fitriani

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078