Minggu, 15 April 2018

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Bahasa Perancis


Hallo Edufriend, masih pada nungguin kan info tentang jurusan dan prodi di Universitas Negeri Jakarta? Kalau masih, yuk simak berita ini! Artikel kali ini bakal ngejelasin tentang another jurusan bahasa di FBS alias Fakultas Bahasa dan Seni nih, Edufriend. Jurusan ini bisa banget dijadiin destinasi sama kalian yang bakal mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, seperti SBMPTN ataupun ujian mandiri. By the way, ujian mandiri di UNJ namanya Penmaba dan masuk lewat jalur ini gak dibebankan uang pangkal maupun uang gedung.

Okay, back to the topic. Jurusan yang bakal dibahas ini mempunyai dua pendopo biru putih merah yang posisinya berada di depan Panggung FBS. Sesuai warna pendoponya, kira-kira jurusan apa ya? Rusia? Amerika? Perancis? Inggris? Atau……Belanda? Yap, karena Jurusan Bahasa Inggris sudah dibahas sebelumnya, berarti jawabannya adalah Perancis.

Jurusan Bahasa Perancis biasanya ngelakuin aktivitas perkuliahan di gedung E atau gedung DE, ya atau enggak, di Gedung Dewi Sartika (GDS) atau Gedung RA Kartini (GRK) buat matkul umum dan kependidikan. Bentuk kelas sehari-hari yang minimalis ngebuat interaksi antar mahasiswa dengan dosen lebih mendalam dan jadi akrab. Dengan fasilitas televisi LCD di depan kelas yang berfungsi untuk menunjang kegiatan perkuliahan kayak presentasi. Walaupun kelasnya minimalis, tapi setiap kelas punya AC masing-masing kok dan yang pastinya suka bikin kedinginan. Perpustakaan mini juga tersedia di dalem gedung E, kalau buku yang dicari gak ada bisa juga nih langsung ke UPT Perpustakaan UNJ yang letaknya deket banget sama gedung E. Seperti yang udah disebutin diatas, jurusan ini mempunyai fasilitas tambahan berupa dua pendopo nih, Edufriend. Pendopo ini multifungsi banget. Bisa buat belajar bareng, bisa dijadiin lapak jualan, bisa buat cerita-cerita, bisa jadi tempat makan, tapi mostly dipake buat tempat main sih entah main UNO, werewolf, dkk. Duduk di pendopo juga kadang bikin boros karena sering banget ada lalu lalang jualan makanan serta minuman. Selain itu juga karena pendopo cuma beda beberapa meter sama kumpulan kantin. Jadi kebayang dong susahnya nahan buat gak jajan.

Cuma terdapat satu prodi di Jurusan Bahasa Perancis nih, yaitu Pendidikan Bahasa Perancis. Lulusannya cuma dapet gelar S.Pd dong? Iya dong, eits tapi jangan salah. Lulusan dari jurusan ini gak cuma jadi guru bahasa Perancis. Tetapi lulusannya ada yang menjadi penerjemah bahasa, pramuwisata, pewarta berita, penyunting naskah, bahkan yang menjadi penyiar radio juga ada loh. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menguasai bahasa Perancis setara B2 yang pastinya bisa digunakan di dunia professional.

Meskipun bahasa Perancis ini dianggap sulit dipahami oleh banyak orang, tetapi justru memahami bahasa Perancis ini mempermudah mempelajari bahasa lain yang contohnya aja banyak bahasa Inggris yang diserap dari bahasa Perancis ini. Jadi gak heran juga kalo tau ada juga lulusan jurusan ini yang mengambil profesi yang hubungannya dengan bahasa lain contohnya bahasa Itali.

“Pusing-pusing tapi cinta” ungkap dua mahasiswi Pendidikan Bahasa Perancis saat ditanya tentang kesannya mengenai jurusannya ini.

Dalam kesehariannya, mahasiswa ataupun mahasiswi mengenakan gaya pakaian yang fleksibel dan bebas. Namun, yang paling penting adalah bajunya sopan dan gak melanggar syariat ya guys. Terus juga hampir setiap saat bawa buku bertuliskan Alter Ego+ pada sampulnya karena buku ini dipake di hampir setiap matkul prodi. Khusus untuk dosen Jurusan Bahasa Perancis, biasa dipanggil monsieur untuk dosen pria dan madame untuk dosen wanita. Ada juga tradisi menyapa ‘Salut!’ antar teman maupun antar adik dan kakak tingkat, serta ‘Bonjour!’ antar dosen maupun dari mahasiswa kepada dosen. Setiap masuk perkuliahan semester genap, ada nih mata kuliah Natif yang dosennya native speaker asli dari Perancis. Wow kewren juga ya!



Widya Arumdwita Rahayu

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078