Kamis, 17 Mei 2018

Pelatihan Announcer Pengurus BPRS ERAFM-UNJ 2018-2019



Hallo edufriend! Gedung Dewi Sartika, lantai 7, Universitas Negeri Jakarta.  Sabtu, 11 mei 2018 lalu, pengurus BPRS ERAFM-UNJ periode 2018-2019 mengadakan pelatihan announcer yang dimana pembicaranya adalah Diaz Danar (Penyiar Semangat Pagi Pol 98,7 GENFM).  Acara pelatihan ini diselenggarakan pada pukul 10.15 - 16.00. Terdapat 2 sesi pada pelatihan tesebut, untuk sesi pertama membahas mengenai dasar-dasar dunia radio juga announcer lalu pada sesi kedua terdapat pelatihan untuk skill yang sudah diajarkan melalui pelatihan dasar. Pelatihan ini memiliki tujuan yaitu untuk meng-upgrade pengetahuan pengurus BPRS ERAFM-UNJ dan memperdalam ilmu mengenai dunia radio terutama sebagai announcer.

Sebagai seorang announcer kita harus berusaha menjadi seseorang yang pintar, antusias, mudah berkomunikasi, responsif dan memiliki performa diri yang baik. Menurut Diaz Danar hal yang paling penting dan harus dimiliki oleh penyiar yaitu 90% attitude dan 10% skill, hal itu karena pribadi seseorang menentukan apakah dirinya dapat bertahan didalam industri radio dan dapat mempertahankan eksistensi dirinya dengan lebih dekat dengan orang lain karena memiliki attitude yang baik. Akan lebih baik untuk penyiar apabila membaca script terlebih dahulu sebelum siaran, hal tersebut dapat membantu penyiar untuk lebih siap dalam mengolah kata yang akan disampaikan untuk pendengar.

Yang utama ketika menjadi seorang announcer adalah "memiliki karakter" yang kepada pendengar supaya mudah dikenali dan menjadi suatu ciri khas yang ada pada diri kita. Setelah itu saat siaran berlangsung, penyiar harus ingat bahwa pendengar adalah teman maka posisikan diri sedang berbicara dengan orang yang berada dihadapan kita sehingga akan lebih menyenangkan apabila penyiar dapat bersikap apaadanya walaupun berada dibelakang layar akan tetapi pendengar akan tahu apakah penyiar berbicara dengan tersenyum atau tidak,sedang merasa baik-baik saja atau sebaliknya.
Yang terakhir menurut Diaz Danar, semua berawal dari mimpi maka tulislah mimpi mu untuk mencapai satu persatu sebagai target kedepannya. Anggap diri kita sebagai barang dagangan, beritahukan kepada orang diluar sana bahwa kamu memiliki bakat untuk menjadi penyiar atau mimpi lainnya. Untuk mencapai hal tersebut tinggalah kebiasaan buruk dan lakukan hal-hal yang baik, akan lebih baik apabila meningkatkan kelebihan karena semakin lama diasah dan dipertajam maka kemampuan seseorang akan semakin baik dan yakinlah akan kemampuan diri sendiri.

  
Aziizah Mu'minah

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078