Senin, 14 Mei 2018

Memaknai Hari Kebangkitan Nasional



20 Mei 1908 merupakan hari berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Namun tanggal tersebut baru ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional pada tahun 1948. Berdirinya organisasi Boedi Oetomo dianggap sebagai awal mula bersatunya pemuda Indonesia dalam semangat memerdekakan Indonesia.

Jika dilihat dari sejarah, pemuda Indonesia di era sebelum kemerdekaan Indonesia memiliki semangat juang yang sangat tinggi. Mari kita bercermin pada pemuda di era tersebut, apakah saat ini kita memiliki semangat juang yang tinggi? Saya pribadi merasa belum memiliki semangat setinggi itu.

Boleh kah saya memberi makna lain di Hari Kebangkitan Nasional?

Bangkit menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti bangun dari duduk/tidur, lalu berdiri. Mengapa hari berdirinya organisasi Boedi Oetomo ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional? Menurut saya, ketika itu pemuda Indonesia sadar bahwa bangsa Indonesia sudah terlalu lama dijajah oleh bangsa lain. Mereka berani mengambil segala risiko demi memerdekakan Indonesia. Mereka semangat untuk mengambil bagian dari perjuangan.

Sudah kah pemuda masa kini sadar dan bangkit dari keterpurukannya?

Mari kita ambil contoh sederhana. Seringkali rasa malas menghantui diri kita. Malas akan menggerogoti diri kita jika ia terus dibiarkan. Malas akan membawa kita pada kebodohan. Saya memang tidak memiliki data statistik mengenai rasa malas pada pemuda masa kini. Namun, saya mengamati bahwa kini tidak sedikit pemuda yang mengikuti rasa malasnya. Malas kuliah, malas mengerjakan tugas, malas berinovasi, dan lainnya. Padahal apa yang mereka lakukan adalah untuk dirinya sendiri, bukan orang lain. Benar atau salah? Sadar atau tidak? Sila dijawab masing-masing.

Untuk itu, saya berharap sekali pemuda di era kini mampu bangkit dari rasa malas yang ada pada setiap diri. Bagaimana mau membangkitkan negara ini dari keterpurukan bila diri ini masih belum mau membangkitkan dirinya sendiri?


Danies Almas Thifal

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878