Kamis, 31 Mei 2018

OBRAS (Obrolan Santai) Tentang Lupus



                Sabtu, 26 Mei 2018 telah dilaksanakan obrolan santai(obras) tentang penyakit Lupus yang diselenggarakan oleh mahasiswa dari prodi Psikologi UNJ. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Ramadhan Charity Festival. Ramadhan Charity Festival merupakan event pertama kali yang baru diselenggarakan pada tahun ini. Terdapat 4 rangkaian acara, yaitu Gerakan Seribu Kurma, Roadshow Education, Obrolan Santai, dan Konser Ramadhan.
                Obrolan Santai yang diselenggarakan di Gedung Sertifikasi Guru lantai 8 kemarin bekerjasama dengan Yayasan Lupus Indonesia. Pada hari itu, acara dimulai pukul 14.00 kemudian dilanjutkan dengan sharing-sharing dengan Odapus (orang dengan Lupus). Lupus merupakan penyakit kronik atau menahun dan dikenal sebagai penyakit autoimun. Banyak sekali orang-orang yang belum mengenal penyakit lupus ini.
                “Tujuan dari acara ini adalah sebagai sarana pembelajaran dan jiwa sosial khususnya mahasiswa Psikologi UNJ dan membuat acara yang dapat bermanfaat di bulan Ramadhan” ujar Sultan Marshel sebagai ketua pelaksana acara Ramadhan Charity Festival. Tema yang diangkat pada acara ini yaitu OCEAN (Open Charity For Empathy And Tolerance). Makna dari tema tersebut adalah sesuai dengan kepanjangannya, yaitu membuka donasi untuk meningkatkan nilai empati dan toleransi sesama manusia.
                Sasaran dalam acara ini, yaitu mahasiswa Psikologi UNJ, ODAPUS (orang dengan Lupus), Yayasan Lupus Indonesia, dan masyarakat umum. Proses dalam mempersiapkan seluruh rangkaian acara ini cukup panjang. Karena banyak sekali dinamika yang tidak sesuai dengan ekspektasi karena acara ini baru pertama kali diselenggarakan, jadi belum ada gambaran yang dapat dijadikan acuan.
                Hasil yang ingin dicapai dari acara ini adalah, peserta maupun panitia yang terlibat dapat memiliki nilai empati dan toleransi yang tinggi, kemudian penyakit Lupus dapat diketahui oleh masyarakat umum, dan Komunitas Muslim Psikologi UNJ dapat dikenal oleh banyak orang. Kendala yang dihadapi dalam mempersiapkan acara ini sangat banyak, yaitu sumber daya manusianya. Terkadang panitia masih sulit untuk mengatur jadwal kuliahnya, karena banyak sekali yang bentrok dengan jadwal rapat sehingga dapat menghambat beberapa proses. Kemudian, dana yang cukup besar, namun masalah itu dapat diselesaikan.
                Obrolan santai dan sharing-sharing dengan Odapus ini berlangsung sampai pukul 19.00. Kegiatannya selain sharing, yaitu buka bersama, dan sesi foto-foto. Semoga dengan adanya seminar mengenai Lupus ini, masyarakat umum dapat lebih tahu tentang penyakit langka ini dan dapat membantu para Odapus.
                               
                                                                                                                                                                Nura Asia Bella


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078