Selasa, 06 November 2018

Pendidikan Bahasa Jerman


Halo balik lagi Edufriend di info prodi! Pasti udah banyak yang kangen dan nungguin info prodi selanjutnya yang siapa tau adalah prodi impian kamu atau prodi kamu sekarang???. Next, kali ini kita bakal bahas program pendidikan yang ada sangkutpautnya sama kebahasaan, so udah pasti dong salah satu prodi di Fakultas Bahasa dan Seni. Prodi ini mempelajari bahasa yang ada di benua Eropa, apa hayo? Ya, jadi bahasan kali ini adalah tentang Pendidikan Bahasa Jerman. Bahasa Jerman merupakan bahasa resmi di Uni Eropa serta di negara Austria, Swiss, Liechtenstein. Serta bahasa beberapa kelompok masyarakat di beberapa negara.

Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman atau sering disebut PBJ ini bertujuan menghasilkan lulusan yang menguasai bahasa Jerman lisan dan tulisan dengan baik dan dapat bekerja secara profesional. Seperti prodi pendidikan kebahasaan yang lain, Pendidikan Bahasa Jerman juga mempelajari berbicara, menulis, membaca dan mendengar. Tapi bukan cuma itu doang Edufriend, di PBJ ini ada hal yang spesial nih yaitu tawaran beasiswa ke Jerman yang banyak. Jadi, program pendidikan ini bekerja sama dengan Universitas Konstanz makanya bisa lulus dengan double degree alias lulus dengan dua predikat. Bisa yang cuma beberapa bulan atau 1 bulan dan namanya adalah Sommerkurs. Tapi itu harus ngelewatin tahap seleksi dulu dan meskipun susah tapi selalu ada yg dapet beasiswanya.

Terus di prodi ini ada dosen native asli Jerman yang bisa ngelatih mental kita buat interaksi sama penutur asli bahasa Jerman yang asyik banget ya walaupun seringkali bingung karena bicaranya cepet banget. Dosen prodi pun juga keren karena ilmunya yang banyak dan semua dosen udah pernah ke Jerman. Mostly dosen prodi Pendidikan Bahasa Jerman ini tegas dan disiplin, bukan galak yaaa jadi harus jaga attitude terhadap dosen. Ada dosen di PBJ namanya Frau Erna, dia keren, ilmunya banyak gak cuma tentang Jerman, tapi juga politik dan lainnya. Ada juga Frau Christin juga Herr Uryadi. Mereka dosen yang tegas tapi masih bisa diajak becanda. Penilaian dari dosen PBJ sangat objektif dan transparan sesuai kemampuan mahasiswanya. 

Mahasiswa ataupun mahasiswi dari prodi Pendidikan Bahasa Jerman ini terkenal ramah dan disiplin. Dan biasanya kuliah mereka ada di Gedung E yang didekat Panggung Fakultas Bahasa kelas 110-113 dan Seni atau di IDB lantai 4. Sebenernya tuh dresscode di Pendidikan Bahasa Jerman wajib kemeja tapi ya emang pada bandel aja kaliya tetep pake t-shirt alias kaos oblong, celana jeans, jaket jeans, hoodie sama sepatu kets. Dan yang pasti tuh pasti bawa buku paket wajib namanya Netzwerk (sekarang, dulu bukunya Studio D) yang ganti setiap dua semester sekali atau bisa dibilang setiap naik tingkat. Seringkali anak PBJ ini duduk bareng-bareng di Taman FBS atau Pendopo Prancis bareng anak-anak Pendidikan Bahasa Prancis. Nah untuk jajan, anak PBJ biasanya milih jajan di Blok M atau Kantin Gerah (Kantin Dharma Wanita/Kantin FBS/Kantin Seberang Warbun) dan kalo udah bener-bener laper ya di kantin belakang gedung E (Kantin Arab) buat jajan gorengan. Banyak motivasi yang berbeda tiap individu mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman yang membuat mereka masuk jurusan ini, seperti yang awalnya hanya mencoba jadi suka maupun ada yang bercita-cita sejak kecil karena ingin tinggal di Jerman lalu melanjutkan studinya di Jerman mengikuti passionnya

Untuk lulusannya, karena di jurusan ini adalah S1 Pendidikan Bahasa Jerman, akan mendapat gelar S.Pd. Terus cuma jadi guru bahasa Jerman dong? Eits, jangan salah! Gak cuma itu loh prospek kerjanya, lulusan dari prodi ini bisa bekerja di perusahaan asal Jerman atau institusi Jerman seperti Goethe Institut. Serta bisa juga menjadi interpreter, jurnalis penerjemah dan sebagainya.

Gimana nih infonya Edufriend? Cukup mengedukasi gaknih? Tungguin lagi ya info prodi selanjutnya. Danke, bis später!

Widya Arumdwita

1 komentar:

  1. kakaakk aku camaba pbj tahun 2020... mau bimbingannya:" line aku @sandriprames

    BalasHapus

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878