Sabtu, 17 November 2018

Makna Sebuah Pencapaian Dalam Hidup


Gambar terkait

Bercerita tentang pencapaian hidup seolah-olah tiada kata yang bisa menutup dan mampu mengakhirinya. Ia bukanlah hanya sekedar kata yang tertulis oleh pena, namun sebuah tujuan penuh makna. Menjalani hidup tanpa tujuan rasanya hidup menjadi hambar bagai sayur tanpa ketumbar.

Menjadi seorang yang bermanfaat itu penting dalam sebuah pencapaian hidup. Bila bukan untuk bermanfaat, lalu buat apa kita hidup?. Mengutip perkataan salah seorang penulis ahmad rifai rifan “ada milyaran manusia yang hidup dalam satu generasi. Tetapi hanya ada segelintir saja orang yang namanya kemudian muncul menjadi bintang, sementara sebagaian besar lainnya terpaksa alur hidupnya sederhana yaitu lahir-hidup beberapa saat dan meninggalkan dunia tanpa ada sedikit sejarah yang layak dikenang generasi setelahnya, maka dari itu jangan sampai ada dan tiadanya dirimu tiada bedanya.

Salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah besarnya pengaruh dan kadar kebermanfaatan dari setiap orang. Mereka yang terkenang oleh sejarah bukan manusia yang hanya memikirkan kepentingan pribadinya semata. Efek sosial yang disebabkan oleh kehadirannya jauh lebih luas dibandingkan orang-orang disekitarnya. Kebanyakan mereka bukan orang yang individualis, mereka berjiwa sosial. Mereka yakin ketika ia menolong makhluk di bumi, maka yang dilangit pasti menolong hidupnya. Dan ketika banyak orang yang merasakan manfaat dari keberadaan dirinya, maka dia pun pasti akan menerima balasan yang berkali lipat dalam hidupnya.

Salah satu pencapaian dalam hidup ialah menjadi manusia yang kehadirannya harus ada didunia ini, yang sosoknya dibutuhkan, dicintai, dan disayangi oleh orang-orang disekitarnya. Pencapaian hidup tertinggi ialah menjadi

manusia yang kehadirannya selalu dinanti dan kepergiannya ditangisi. KH. Hasyim Asy’ari pernah mengungkapkan, “kemuliaan didapatkan ketika seorang lebih mementingkan kesusahan orang lain diatas kesusahannya sendiri, dan

hal tersebut juga menjadikan seseorang itu sebagai hamba yang tidak mengeluh dan selalu bersyukur.”

Makna pencapaian hidup ialah menemukan tujuan hidup itu sendiri. Dan untuk dapat menemukan tujuan hidup kita harus memiliki pedoman hidup. Beberapa pedoman dalam makna pencapaian hidup ialah:

1.       Hidup adalah Ujian

Dalam menjalani kehidupan ini, kita sebagai manusia akan diuji terus-menerus dengan beragam cobaan dan masalah yang akan kita dapatkan. Kita akan diuji dengan harta benda, keluarga, penyakit, dan hal lainnya. Maka kita sebagai manusia haruslah mencari cara mengatasi masalah tersebut, dengan meyakini bahwa masalah tersebut suatu saat akan kita lewati dan semua itu hanyalah cobaan atau ujian.

2.       Hidup itu sementara

Kehidupan manusia didunia ini hanya berlangsung sementara saja. Maka gunakanlah sisa hidup sebagai ladang amal kebermanfaatan.
3.       Kehidupan di akhirat lebih baik

Kehidupan kita didunia kelak akan berkaitan dengan kehidupan kita diakhirat setelah meninggal dunia. Maka dari itu jadilah manusia yang Hidup sekali – Berarti – Lalu Mati.

Dari ketiga point diatas, makna pencapaian hidup pada intinya ialah untuk beribadah dan bertakwa kepada Allah SWT. Dengan senantiasa ingat kepada Allah dengan takwa, memperdalam ilmu, menjalani hidup sesuai aturan-Nya. Meskipun manusia mendapat latihan jasmani yang sehebat-hebatnya, tidak akan berguna jika manusia tidak mempunyai kebermanfaatan, Kepandaian yang bagaimanapun tingginya, tidak ada gunanya jika manusia itu tidak mempunyai manfaat, manusia yang bermanfaat akan dikenang oleh generasi setelahnya. Pencapaian hidup sama dengana manusia bermanfaaat.




Wahyudi

Fakultas Ekonomi

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878