Minggu, 18 November 2018

D3 Jasa Usaha Wisata


                Edufriend, pernah enggak membayangkan punya usaha tur yang menawarkan paket liburan murah dan menarik ? atau mungkin pernah penasaran gimana caranya memperkirakan biaya untuk suatu perjalanan pariwisata ?. Di program studi D3 Jasa Usaha Wisata, Edufriend akan mempelajari hal – hal yang udah DJ sebutkan tadi. Seperti apasih program studi D3 Jasa Usaha Wisata?.
                Program studi D3 Jasa Usaha Wisata ini merupakan salah satu program vokasi yang ada di UNJ dan bernaung di bawahFakultas Ilmu Sosial. Mungkin Edufriend pernah nih bertemu dengan mahasiswa – mahasiswa Jasa Usaha Wisata. Sebab hampir setiap harinya mereka menggunakan seragam lho, Edufriend !.  Dari hari Senin, Rabu, hingga Kamis ada seragam khusus selain itu pada hari Selasa dan Jumat mahasiswa diwajibkan memakai batik. Untuk bawahan pun harus memakai celana bahan. Kalaupun terpaksa memakai celana jeans, celana jeans tersebut haruslah polos dan tidak boleh robek – robek. Sepatu pun diwajibkan memakai pantofel, tidak boleh menggunakan sepatu keds.
                Penampilan menjadi hal krusial nih, Edufriend. Pada masa perkuliahan mereka sudah punya standar grooming. Yakni pada mahasiswa laki – laki rambut tidak boleh gondrong, rambut tidak diwarnai, juga harus wangi. Sedangkan pada mahasiswa perempuan diharuskan untuk menguncir rambut model cepol, rambut juga tidak boleh diwarnai, dan tentunya harus wangi. Bahkan pernah ada lho, Edufriend, peristiwa dimana sang koordinator program studi, Heriyanti Utami, tidak mau menguji presentasi seorang mahasiswa dikarenakan mahasiswa tersebut berwajah lesu, dan pada akhirnya mahasiswa tersebut diminta untuk cuci muka terlebih dahulu.
                Di prodi Usaha Jasa Wisata ini, Edufriend bisa mempelajari bagaimana membuat paket perjalanan wisata, akomodasi hotel, selain itu ternyata di Usaha Jasa Wisata ini juga mendapat mata kuliah MICE dan Event Managementl ho, Edufriend !. Juga terdapat matakuliah P3K dasar yang juga disertai praktek. Dikarenakan program studi vokasi, tentunya di program studi ini Edufriend lebih banyak praktek. Seorang alumni Usaha Jasa Wisataangkatan 2015, Quinta Badzlina menyatakan “di kuliah ini kita 60% praktek dan cuma 40%-nya aja kita teori.”
               Di semester 3 contohnya, mahasiswa prodi Jasa Usaha Wisata nantinya akan melalui praktek Observasi Daerah Tempat Wisata (ODTW) ke Jawa Barat selama 5 hari. Setelah observasi, mahasiswa akan diminta untukmembuat paket perjalanan untuk adik tingkat. Praktek ODTW ini yang membuat harus kakak tingkat, misalny amahasiswa semester  5 membuat paket perjalanan hasil ODTW kepada mahasiswa semester 3. Kakaktingkat yang membuat paket perjalanan tersebut dalam satu angkatan dibagi per-kelompok 6 orang. Kelompok – kelompok tersebut dilombakan dan adik tingkat diminta untuk mem- voting kelompok dengan paket perjalanan yang mereka sukai.
                Mahasiswa Usaha Jasa Wisata juga punya dosen idola, Edufriend. Ada dua dosen yang menjadi favorit, pertama bapak Rahmat Darmawan atau yang kerap dipanggil bang Rahmat. Beliau ramah terhadap mahasiswa dan juga easy going. Di samping itu, ia juga menjadi dosen pembimbing BEM Usaha Jasa Wisata. Kedua, adapak Nino. Pak Nino ini banyak diidolakan mahasiswanya karena dinilai tampan oleh mahasiswanya, wahwah pasti mahasiswa perempuan bakal semangat nih kalau diajar beliau…
                Buat Edufriend yang pengen kenalan sama mahasiswa Usaha Jasa Wisata, bisa nih mengunjungi mereka  di Laboratorium Prodi yang ada di sebelah kiri gedung Fakultas Ilmu Sosial atau bisa juga datang ke kelas tempat para mahasiswa mengikuti perkuliahan, yakni di lantai 3 gedung Fakultas Ilmu Sosial. Selain itu, mahasiswa Jasa Usaha Wisata juga suka berkumpul di Arena Prestasi dan sekretariat BEM.       

Nabila Hidayah

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878