Sabtu, 07 Juli 2018

TABIK, Membingkai Eksotisme Malang dan Bromo



Rawamangun (6/7/2018), di lingkup program studi Sastra Indonesia majalah merupakan salah satu produk yang dihasilkan selain karya tulis lainnya seperti cerpen, puisi, esai, dan sebagainya. Di tahun 2018 ini, mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2015 berhasil menerbitkan sebuah majalah berjudul “TABIK”. Peluncuran majalah pun diadakan di Aula UPT Perpustakaan UNJ pada Jumat, 6 Juli 2018.
            Acara peluncuran tersebut diselenggarakan oleh seluruh mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2015. Acara itu juga turut dihadiri oleh Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum selaku Koor. Prodi Sastra Indonesia serta dosen-dosen yang mengajar di prodi Sastra Indonesia. Ketua pelaksana peluncuran majalah TABIK yakni Adi Apria memberikan sambutan dan memberikan sedikit pengenalan terhadap majalah tersebut.
            Dalam sambutannya, Ia menuturkan bahwa majalah TABIK merupakan produk hasil dari Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Malang dan Purbalingga. Maka dari itu, majalah tersebut mengangkat tema “Membingkai Eksotisme Malang dan Bromo”. Setelah Adi Apria, selanjutnya Dr. Miftahulkhairah juga dipersilakan untuk memberikan sambutan sekaligus memukul gong sebagai symbol diluncurkannya majalah TABIK. Beliau menyatakan “Saya sangat senang pada akhirnya angkatan 2015 dapat memberikan judul majalah yang dapat dipakai seterusnya”. Hal tersebut ia tuturkan sebab sebelumnya angkatan 2014 yang juga membuat majalah, memakai judul yang hanya merujuk ke daerah tertentu.
           Selanjutnya, kita masuk ke acara inti yaitu presentasi mengenai majalah Tabik yang dimoderatori oleh Devita Yulianti. Dalam presentasi tersebut terdapat tiga mahasiswi yang mewakili tempat-tempat yang mereka kunjungi ketika di Malang dan Purbalingga. Yaitu Gradita Audika mewakili Universitas Negeri Malang, Fitri Febriyani mewakili Radar Malang, dan Alva Amadea mewakili Museum Panji.
            Pada sesi itu, mereka mempresentasikan topik apa saja yang diangkat dalam majalah TABIK edisi pertama ini. KKL yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 April – 11 April 2018, ini berisi topik tentang tempat-tempat yang mereka kunjungi. Selain itu, mereka juga mengangkat keunikan dari suku Tengger yang bermukim di Purbalingga.


Nabila Hidayah



0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078