Kamis, 05 Juli 2018

SENI MUSIK UNJ PUNYA




            Hai Edufriend semua, kali ini bakalan ada sebuah program studi lagi di UNJ yang bakalan kita explore bersama, prodi apa itu? Yuk kita simak.
Apasih yang terlintas di benak Edufriend ketika mendengar Seni Musik? Main alat musik? Nyanyi? Pensi?
Oke, gausah banyak ngebayangin, nih kita kasih informasi yang kalian butuhin seputar Program Studi Pendidikan Seni Musik.
            Program Studi Pendidikan Seni Musik merupakan Salah satu program studi dengan peminat yang cukup banyak, dan memiliki daya saing yang tinggi untuk bisa diterima di program studi tersebut. Mengapa sulit masuk prodi itu? Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk prodi Pendidikan Seni Musik, mereka diwajibkan lulus tes keterampilan, yang bisa dibilang sulit.
            Tapi jangan salah, walaupun masuk prodi tersebut cukup sulit. Tetapi akan ada kebanggaan tersendiri yang dirasakan ketika kalian diterima di program studi Pendidikan Seni Musik, seperti yang dikatakan Fauziatul Hikmah salah seorang mahasiswi Pendidikan Seni Musik 2017.
Menurutnya program studi Pendidikan Seni Musik itu kerensekali, ada acara tahunan yang setiap tahun dilaksanakan oleh mahasiswa baru. Acara tersebut bernama MusCo (Music Corner), dari acara tersebut seluruh mahasiswa baru yang menjadi pelaksana MusCo bakal dapet ilmu dan pengalaman yang bermanfaat banget. MusCo tiap tahun memiliki tema yang berbeda dan pada Tahun ini baru saja terlaksana MusCo  2018 pada 8 Mei lalu.
            Untuk hubungan antar tingkatan, bisa dibilang prodi ini sangat kompak, kok bisa? Iya bisa, karena kakak tingkat di program studi ini membimbing dengan baik adik tingkatnya dan itu terus berulang dari tahun ketahun. Sehinggagaada rasa canggung yang dirasakan oleh mahasiswa barunya. Dan yang kerenlagidari program studi ini adalah badan executive mahasiswanya. Kokbisa? Iyakarena BEM prodi ini beranggotakan seluruh mahasiswa dalam satu angkatan, yaitu mahasiswa tingkat 3, tepatnya yang telah berkuliah 2 tahun di prodi itu. Yep benar, tahun ini yang menjadi BEM Prodi Pendidikan Seni Musik adalah mahasiswa angkatan 2015, yang mana pada fakultas lain, mahasiswa angkatan 2015 telah bisa menjabat sebagai di BEM fakultasnya.
            Oke, setelah semua udah dijelaskan, sekarang ada bagian pentingnyanih. Pada prodi ini ada yang namanya Ujian Resital, ujian yang dianggap sulit bagi mahasiswa prodi ini. Dimana pada ujian tersebut, mahasiswa di tuntut untuk melakukan konser tunggal, yang menjadi syarat untuk bisa melakukan skripsi.
Alasan utama mahasiswa kesulitan dalam ujian resital, adalah mereka dituntut untuk bisa menampilkan performa terbaik di depan umum, namun mereka harus menampilkannya di depan dosen sebelum akhirnya mendapat izin untuk melakukan konser tunggal tersebut.
            Kalau menurut dj sih asal ada niat pasti ada jalan. So, apapun jurusan kalian apapun program studi kalian. Selagi kalian punya niatan baik untuk menyelesaikan studi kalian pasti ada jalan keluar ^_^
Last but not least, untuk prodi ini, output nya kebanyakan menjadi guru musik, tapi ga menutup kemungkinan kalian bisa jadi musisi top kok setelah lulus dari program studi ini. Semangaaaaaaaaaaatttttt

Muhamaad Eko Aji

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078