Sabtu, 29 April 2017

Kampusnya Calon Pengusaha #KATAUNJ3

Bagi kamu mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, pasti kamu udah gak asing lagi dengan mahasiswa - mahasiswa yang suka berjualan di sekitaran Universitas Negeri Jakarta. Beberapa dari mereka ada yang berjualan karena praktek dari mata kuliahnya, untuk dana usaha kegiatan di organisasi atau bahkan ada yang untuk pribadi. Sering kita jumpai di daerah Plaza UNJ, Terbuk UNJ, BAAK dan pendopo-pendopo dikala waktu pagi, siang dan sore hari.

Sebagai mahasiswa, pasti banyak banget pengeluarannya, dari pas kerjain tugas, ngumpul bareng temen sejurusan, atau ngumpul di temen-temen organisasi atau ya kaya itu tadi, beli jajanan di UNJ. Bisa dibilang, pemasukan mencekik, pengeluaran membengkak.  Bisa tambah bikin stress yah. Nah, guys, udah saat nya kita bangun dari keterpurukan saat ini.

Dilihat dari hal-hal kecil kaya tadi, sepertinya memang menjadi pengusaha itu sebenarnya mudah ya, asal memanfaatkan peluang yang ada. Universitas juga sudah menyediakan fasilitas - fasilitas untuk menampung kreatifitas mahasiswa UNJ untuk menjadi pengusaha kecil. Universitas Negeri Jakarta pun memiliki program (Program Mahasiswa Wirausaha) PMW dan UNJ Corner sebagai tempat untuk menyalurkan kreatifitas mahasiswa yang ingin berwirausaha dan mempunyai ide dalam berwirausaha.

Di UNJ  sendiri sudah banyak tempat-tempat usaha yang dibuka sebagai tempat praktik dalam pembelajaran dalam berwirausaha. Mendasar pada misi UNJ, beberapa fakultas  menyediakan sarana dan prasaran yang bisa menghasilkan keuntungan untuk mahasiswa pribadi. Misalnya beberapa fakultas adalah Fakultas Ekonomi, terdapat “Econodot” dan “Economart” yang dijadikan tempat magang mahasiswa, Di Fakultas Teknik ada Pendidikan Tata Boga dengan “Terrace Cafe” dan “Beranda Resto and Pastry”, Pendidikan Tata Rias yang memiliki “Taris Salon”, Pendidikan Tata Busana yang memiliki Butik, dan ada juga Jurusan Seni Rupa yang memiliki tempat usaha “Laboratory”.

Sebagai Mahasiwa Universitas Negeri Jakarta, kita harusnya bangga memiliki teman-teman sekampus yang punya kreatifitas tinggi dan jiwa pengusaha. Alumni-alumni UNJ juga sudah banyak yang menjadi wirausaha muda dan menekuni duniannya tersebut. Jika tidak dari fakultas, organisasi pun juga bisa menyalurkan ide kreatif usaha kamu, misalnya Organisasi Eka Citra yang menjual beragam keperluan mendaki.

`           Nah buat kamu, yuk kita manfaatkan peluang yang ada, jangan sampai kita tenggelam di era yang semakin maju ini.


Vanya Suksma R

FE 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078