Selasa, 01 April 2014

Memilih "Pahlawan untuk Indonesia"


Pahlawan Nasional. Ketika mendengar dua kata tadi, apa yang terlintas di pikiran kamu? Tokoh-tokoh yang sering kita baca di buku sejarah kah, tentara, polisi, atau mungkin guru? Kira-kira, di zaman sekarang, siapa ya yang cocok dinobatkan sebagai pahlawan nasional?
                Sebetulnya, gelar pahlawan nasional tidak terbatas pada orang-orang dengan profesi yang di utamakan, lho. Banyak disekitar kita orang-orang yang tanpa pamrih berkontribusi untuk mengharumkan nama Indonesia entah pada bidang seni, sosial budaya atau mungkin lingkungan hidup.
                Karena itu, MNC TV bertujuan menginspirasi masyarakat Indonesia, mengadakan program pemilihan pahlawan nasional. Tahun ini adalah kali ketiga MNC TV membuka kesempatan bagi orang-orang yang memiliki kriteria untuk dinobatkan sebagai pahlawan nasional.

                “Mereka tidak mendaftar sendiri, melainkan  dicalonkan oleh teman atau kerabat  mereka. Setelah itu diseleksi internal, dipilih 20 sampai 22 kemudian diliput. Dari liputan digabungkan dengan juri eksternal, barulah di pilih 10 besar pahlawan MNC TV untuk Indonesia,” ujar pak Denny, salah satu produser tayangan acara ini.
                Salah satu juri eksternal yang dimaksud adalah kita, mahasiswa. Oleh karena itu,  pada proses pemilihannya, pihak MNC TV bekerja sama dengan sejumlah universitas mengadakan talk show untuk memperkenalkan calon-calon pahlawan nasional tersebut. Bukan hanya sosok pribadi yang dikenalkan kepada mahasiswa, tapi lebih kepada apa yg mereka perbuat paling tidak mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa yang punya ilmu lebih.


                Seperti yang di adakan pada hari Kamis, tanggal 27 Maret lalu di aula daksinapati UNJ. Talk show yang dimulai pukul 14.00 ini dihadiri oleh pak Andre sebagai narasumbernya. Pak Andre adalah salah satu calon pahlawan nasional yang melestarikan musik keroncong tugu dari tahun 1998 sampai sekarang. 
                “Setiap orang kalo mau melakukan kebaikan kan pasti punya kendala masing-masing, kendala pak Andre itu sangat luar biasa tetapi beliau bisa melaluinya. Setelah 10 tahun, keroncong tugu ini pernah di undang ke luar negeri, seperti: Portugis, Malaysia, Singapura,” Ujar Sari, salah satu peserta Talk show.
                Program “Pahlawan untuk Indonesia” ini akan tayang di MNC TV mulai tanggal 9 April setiap hari Rabu dan Kamis pukul 11 siang. Setelah proses seleksi yang cukup ketat, malam penganugerahan akan dilaksanakan dekat dengan hari pahlawan.
                “Acara ini membuat kita termotivasi, jadi pengen ikut melestarikan kebudayaan tradisional.   Ayo temen-temen mahasiswa, masa depan bangsa ada di pundak kita. Jadi, teruslah belajar dari orang-orang hebat yang tidak pernah menyadari tentang kehebatan mereka tapi mereka telah memberikan banyak hal untuk sekitar,” Ujar Sari.

Ukhti Nantika

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078