Selasa, 12 September 2017

Architecture Fair UI 2018

Universitas Indonesia-Depok, 9 September 2017 - Telah di mulai salah satu rangkaian acara Architecture Fair UI 2018 atau yang lebih dikenal dengan AFAIR UI. Acara yang diselenggarakan oleh Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia ini merupakan acara yang hampir diselanggarakan setiap tahun sejak tahun 2010. Rangkaian acara tahun ini dimulai dengan Pre-Event yang diisi dengan Talkshow dan Technical Meeting (9 September 2017), sementara Main Event yang berupa Exhibition, Architecture Talk, Top 5 Finalis Presentation, serta Workshop akan dilakasanakan pada 27 Januari - 4 Februari 2018.

Mengusung tema Architecture as Catalyst yang berarti adalah sebuah terjemahan dari konsep arsitektur dimana kita memadukan kenyamanan, kepraktisan, dan kegunaan yang diharapkan dapat meningkatkan awareness kita mengenai residual spaces, serta bagaimana peran arsitektur dalam sebuah kota seperti yang dibahas melalui Talkshow kemarin, khususnya kepada milineal seperti kita mahasiswa yang mana di masa depan akan membangun negeri  dan apapun, karena sudah waktunya kita melihat arsitektur tidak sebagai membuat bangunan saja akan tetapi bisa membangun kehidupan kita semua.
                                       
Talkshow yang dihadiri oleh para mahasiswa jurusan arsitektur UI dan beberapa kampus lainnya ini mengahdirkan pembicara-pembicara yang sangat kompeten pada bidangnya, seperti  Ibu Sarah Ginting selaku Founder dari SAGIarchitects, Bapak Joko Adianto selaku Architect dari Matapena Studio serta akademisi UI, dan Bapak Adi Panuntun selaku CEO & Creative Head dari Sembilan Matahari. Sebagai pembicara, Bapak Joko sebagai Architect dari Matapena Studio berpesan selalu untuk “gali-gagas-garap”, sedangkan Ibu Sarah Ginting berpesan “Cintai apa yang kamu lakukan maka kamu akan terima resiko nya”,”Arsitektur yang keren bukan arsitektur yang wah tapi yang kontekstual”, serta “Bangsa tidak akan maju kalau tidak ada estetika”-Sembilan Matahari.

“Dengan adanya acara ini diharapkan kita dapat mengumpulkan prespektif yang berbeda-beda dari berbagai sudut pandang serta membuat khalayak umum mulai menegenal tentang dunia arsitektur dengan cara yang friendly”(Alisha, Arsitektur 2014-Ketua Pelaksana).




Enggal Fauzia L.S.




0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078