Jumat, 08 September 2017

Jadi Mahasiswa Baru? #KATAUNJ9

17 Agustus 2017, telah genap 72 tahun usia negeri ini. Selain itu, tepat di tanggal 17 Agustus 2017, Universitas Negeri Jakarta telah menyambut 6 ribu mahasiswa baru dari berbagai macam fakultas dan prodi yang berbaur menjadi satu dalam Rangkaian Briefing Masa Pengenalan Akademik (MPA) yang dilaksanakan pada hari Kamis tersebut.

            Mahasiswa – mahasiswi yang membawa ‘semangat baru’ karena berhasil melewati persaingan ketat bersama ratusan ribu pendaftar PTN dan berhasil lolos menjadi salah satu mahasiswa resmi perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Negeri Jakarta. Tentunya para mahasiswa baru ini menyebarkan aura positif dari kebahagiannya yang telah menjadi bagian dari Civitas Akademika UNJ.

Jadi mahasiswa baru atau lebih seringnya disebut ‘maba’ ini memang kerap menimbulkan rasa penasaran bagi diri mereka sendiri. Penasaran bagaimana sih dunia perkuliahan itu. Belum lagi para maba yang memang mengidam-idamkan menjadi seorang ‘mahasiswa’. Padahal kata ‘mahasiswa’ tentunya berbeda dengan siswa. kata ‘maha’ di depannya membuat makna dari mahasiswa itu sendiri bukanlah hal yang biasa.

            Namun perkaranya kini, memasuki dunia perkuliahan bukanlah hal yang sulit maupun mudah. Mahasiswa baru perlu menyesuaikan diri dengan time management yang pastinya berbeda dengan di SMA. Perlu juga memahami perbedaan sistem perkuliahan dengan sekolah. Memilah organisasi-organisasi kampus, entah itu opmawa maupun ormawa. Banyak pula perubahan – perubahan yang harus disesuaikan dengan pribadi masing-masing.

Pada akhirnya, semua kembali ke diri masing-masing. Bagaimana self – management dan buatlah target yang ingin dicapai sebagai acuan menghadapi dunia kampus ini.



Fikri Khoerani

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078