Minggu, 10 September 2017

Radio Komersil vs Radio Komunitas

BPRS ERAFM-UNJ hadir kembali dengan seminar keradioan. Sukses dengan  Seminar Vol. 1 bertemakan “Music on Radio” yang dihadiri oleh Diaz Danar (penyiar GENFM) dan Dyar Danar (Music Director MustangFM). BPRS ERAFM-UNJ kembali mengadakan seminar Vol 2 pada tanggal 7 September 2017 yang bertemakan “RADIO KOMERSIL VS RADIO KOMUNITAS”. Seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada Edufriend tentang perbedaan radio komersil dan radio komunitas. Seminar ini dihadiri oleh pembicara yang keren loh Edufriend, dan pastinya yang paham dan sudah berkecimpung di dunia keradioan yaitu Sahil Mulachela (Ex Station Manager Bvoice dan penyiar IndikaFM), Dixon Saragi (Ex penyiar IndikaFM) dan Astryovie (Yuhuu! Radio) yang berlangsung di Gedung serbaguna Ki Hajar Dewantara Lantai 9, UNJ.  Dapat disimpulkan nih Edufriend bahwa radio komunitas dan radio komersil memiliki perbedaan dari segi tata pengelolaan dan tata cara pendirian. Adapun singkatnya:

Radio Komunitas
  • Memperhatikan aspek keterlibatan warga atau komunitas
  • Tujuannya melayani kebutuhan informasi warganya sehingga keterlibatan mereka dalam merumuskan program sangat penting

Radio Komersil
  • Meraih pendengar sebanyak-banyaknya, rating sebagai ukuran gengsi radio
  • Hidup dan matinya radio swasta terletak pada pemasukan iklan sehingga seluruh kreativitas diukur dari segmen pasar yang disasar pada pelaksanakan prinsip ekonomi dan tidak melanggar etika penyiaran
Nah, bermandaat banget kan isi seminarnya. Seminar ini membuat Edufriend bisa tau lebih dalam mengenai dunia keradioan yang ada di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078