Sabtu, 07 Desember 2013

FIS UNJ JAZZ 2013, Beben Jazz: Saya adalah Jazz #2

Foto bersama Beben jazz
Pembawaannya yang santai, ramah, dan asik mengingatkan kita dengan musik jazz yang bernada swing. Ya, itulah Beben Jazz. Dia sudah menyukai jazz sejak lama dan merasa dirinya adalah jazz.
Beben Jazz and Friends adalah sebuah grup jazz yang mempunyai formasi dasar 5 orang  yang diketuai oleh  Beben sendiri.  Beben memang suka bersilahturahmi makanya nama grupnya itu Beben and friends. Nama Bebennya diambil dari nama dia  sendiri sedangkan and friends-nya itu dari itu berasal dari teman-temannya  yang tergabung dalam Kunitas Jazz Kemayoran. Kunitas tersebut dibangun sendiri olehnya dan sudah banyak yang tergabung dalam KJK.
Menurut  Beben, musik jazz adalah musik demokrasi tetapi juga personal artinya musik yang benar-benar bisa menunjukkan karakter orang itu seperti apa. Walaupun grup  Beben and Friends ini sudah berganti-ganti personal namun warna musik Beben Jazz tetap mengandung unsur swing dan sedikit unsur latinnya.
Seperti yang dikatakan  Beben dalam wawancaranya, jazz adalah dirinya sendiri, dia hidup dengan cara jazz, dia berpikir secara jazz, bertindak secara jazz maka dari itu dia memilih jazz sebagai aliaran musik yang dia pilih. Baginya jazz itu manifestasi sebuah kebebasan yang dituangkan dalam bentuk improvisasi yang dilakukan secara spontan.  Beben juga menyukai freed dalam arti positif. Freed untuk jadi dirinya sendiri karena jazz itu harus mempunyai sikap.

Jazz bukanlah musik yang rumit tetapi jazz adalah musik yang paling mudah menurut  Beben. Di dalam musik jazz ada orang-orang yang selalu mencari kemungkinan-kemungkinan baru dalam hidupnya.
Pada tahun 2000 awal, jazz tidak terlalu banyak peminatnya. Hanya ada satu dua caf√© yang memainkan musik jazz. Oleh karena itu, Beben mendirikan sebuah komunitas yang bernama Komunitas Jazz Kemayoran yang sudah 10 tahun berdiri. Komunitas Jazz Kemayoran merupakan sebuah wadah untuk orang-orang yang menyukai jazz maupun yang mau belajar jazz. Dan pada saat  Beben mendirikan KJK ini banyak oring-orang yang dari luar daerah Kemayoran berdatangan untuk ikut dalam komunitas ini. Komunitas Jazz Kemayoran sudah 115 kali mengadakan pertemuan acara tiap bulannya. Kegiatannya seputar diskusi tentang jazz, nonton bareng, dan perform dari grup masing-masing. Setiap hari Rabu diadakan diskusi di Jalan Kampung Irian No.31 Serdang, Kemayoran, Jakarta pusat. Misi dari komunitas adalah brotherhood, edukasi, dan usefull.
Jazz goes to campus menurut  Beben sangat positif untuk membangun bangsa melalui seni musik. Harapan dari Beben untuk seluruh para pencinta Jazz adalah jangan sampai keluar dari tujuan utama, yaitu membangun generasi kedepan yang lebih baik. Makin banyak jazz di man-mana, makin banyak memberi ruang untuk orang-orang yang menyukai jazz.
Halimatu Ulfah

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078