Selasa, 12 September 2023

Seminar Nasional : Biodiversity Protect Through Environmental Education To Build Youth’s Conservation Attitude

Seminar Nasional :  Biodiversity Protect Through Environmental Education To Build Youth’s Conservation Attitude

Oleh : Shaumi R.Wijaya


Pemaparan Materi oleh Narasumber

sumber : dokumentasi pribadi


Jakarta - Aloha, Edufriends! Pada Sabtu, 9 September 2023 lalu telah diadakan Seminar Nasional oleh BEMP Pendidikan Biologi 2023 dengan bertemakan Biodiversity Protect Through Environmental Education To Build Youth’s Conservation Attitude. Seminar Nasional ini diadakan di Auditorium Lantai 9 Gedung Ki Hadjar Dewantara yang dimulai pada pukul 9.40 pagi. Muhammad Syarifullah menjadi pembicara dalam seminar nasional ini karena beliau merupakan Manager PR, Education and Outreach Yayasan Kehati yang bekerja dalam mempopulerkan keanekaragaman hayati Indonesia. 


Menurut Kak Syarifullah, Pendidikan di Indonesia baru menyampaikan ilmu pengetahuan saja belum sampai kepada character building dan attitude sehingga kerap kali generasi muda Indonesia tidak begitu peduli pada isu-isu lingkungan yang terjadi di masyarakat. Selain pendidikan di Indonesia yang masih belum begitu melek, media pemberitaan di Indonesia juga jarang membuat sebuah berita atau artikel mengenai isu lingkungan, dan apabila sudah dibuat pun minat masyarakat akan berita itu masih sangat rendah ketimbang berita politik. 


Dalam seminar nasional ini juga, Kak Syarifullah memberikan beberapa solusi yang bisa kita lakukan loh, Edufriend sebagai generasi muda untuk menjadi agent of change dalam menanggapi isu-isu lingkungan yang masih jarang diperhatikan.Mulailah dengan mempelajari studi persepsi dan studi kasus tentang sebuah isu lingkungan, kemudian buatlah praktik dan pelajari bersama teman-teman sebaya. Kita sebagai manusia perlu memahami bahwa Hutan bukanlah sekedar biologi namun menjadi kebanggaan bagi manusia. 


Di penutup acara, Kak Syarifullah mengatakan bahwa para generasi muda perlu melakukan edukasi dengan cara be inspired - do some act - share.Seminar Nasional ini merupakan rangkaian puncak dari Bioleaf 2023 yang sebelumnya mengadakan beberapa lomba dan diumumkan pada saat seminar nasional ini berlangsung. Dengan diadakannya acara ini, Ketua Pelaksana serta Ketua BEMP Pendidikan Biologi 2023 berharap seminar nasional ini diharapkan mampu membuat kepekaan untuk aware terhadap isu-isu lingkungan dan perubahan status lingkungan pada bumi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878