Sabtu, 05 Agustus 2017

Peluncuran Program Kampung Terang Hemat Energi 2017

1.1. Peresmian secara simbolis oleh jajaran direksi Philips Lighting Indonesia dan Kopernik
Jakarta, 2 Agustus 2017- Philips Lighting resmi meluncurkan program “Kampung Terang Hemat Energi”. Philips Lighting memberikan sistem pencahayaan LED tenaga surya untuk menerangi lebih banyak desa terpencil di seluruh Indonesia melalui program ini. Sebelum adanya program ini desa-desa mengandalakan sumber pencahayaan yang menggunakan minyak tanah dan lilin sehingga penduduknya rentan terhadap bahaya kesehatan, keselamatan, dan lingkungan.


Program “Kampung Terang Hemat Energi” ini telah dimulai sejak tahun 2015 dan sudah berhasil di Sembilan desa yang tersebar di tiga kabupaten di Sulawesi Selatan. Program “Kampung Terang Hemat Energi” ini menyediakan penerangan untuk rumah dan fasilitas umum seperti Puskesmas, sekolah, balai desa, dan jalan umum di desa tersebut. Pada tahun ini (2017) Philips akan melakukan ekspansi ke wilayah Sumatera utara, Bali Timur, Kalimantan Tengah, dan Maluku, diawali dengan menjangkau enam desa di Sumatera Utara.
1.2 Percontohan LED tenaga surya
1.3. Proses distribusi lampu LED ke desa-desa

Untuk setiap desa terpilih, program “Kampung Terang Hemat Energi” memberikan paket pencahayaan LED tenaga surya Philips yang inovatif, yang terdiri atas; Solar Indoor Lighting System lengkap dengan panel surya, Philips LifeLight yang 10 kali lebih terang dari lampu minyak tanah, dan Solar LED Road Light untuk menerangi jalan-jalan di desa pada malam hari. Tenagasurya yang digunakan Philips LED ini sangat membantu karena tidak perlu penaikan kabel-kabel dari PLN.  

“Kami sanagat senang dapat menolong lebih banyak lagi masyarakat dengan menjembatani kesenjangan pencahayaan antara kota dan wilayah pedesaan melalui program “Kampung Terang Hemat Energi”. Pencahayaan akan membantu kehidupan masyarakat, memampukan kegiatan sehari-hari seperti belajar, dan kegiatan kemayarakatan atau pekerjaan rumah lainnya setelah matahari terbenam.” ujar Rami Hajjar, Country Leader Philipis Lighting Indonesia.

Philips Lighting Indonesia juga bekerjasama sejak tahun 2015 dengan lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) Kopernik yang bergerak di bidang teknologi untuk memberdayakan penduduk di desa terpencil. Di thaun yang sama, Philips Lighting secara globalmenyerukan ajakan untuk mengakhiri kemiskinan cahaya dalam rangka Tahun Cahaya Internasional PBB. 



Enggal

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078