Kamis, 31 Agustus 2017

Dunia Kampus #KATAUNJ8

Ketika kita lulus dari Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, kita selalu berpikir kemana kaki kita akan melangkah, kemana kita akan melaju. Mungkin sebagian akan memilih untuk bekerja dan ada yang memilih untuk kuliah, ya kuliah, apa itu kuliah? apakah sama dengan sekolah? dahulu sebagai anak yang baru lulus sekolah dan memilih untuk berkuliah pasti akan bimbang dan bingung jurusan apa yang akan diambil, terkadang ketika sudah masuk kuliah ada yang mengambil jurusan tidak sesuai dengan keinginan hati, ada yang mengikuti kemauan orang tua, ada juga yang mengikuti teman. Di dunia kampus ini, banyak sekali orang yang salah jurusan, entah karena orangnya ataupun karena jurusan yang diambil? Ya mungkin itu hanya diri sendirilah yang bisa menjawabnya.

Apa yang harus di lakukan ketika kita akan masuk kuliah? Alangkah lebih baiknya kita memikirkan secara matang jurusan yang akan kita ambil, apalagi kita terjebak di jurusan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Berusahalah untuk mecintai jurusan yang kita ambil apa adanya, dan jalanilah dan motivasilah diri sendiri untuk terus maju dan menjalaninya, karena ketika kita benar-benar berusaha pasti akan baik hasilnya. Lalu, bagaimakah dunia kampus sebenarnya? Dunia kampus sangatlah luas, disini kita bertemu banyak teman dari berbagai jurusan yang berbeda, latar belakang berbeda, suku , budaya yang berbeda pula, di dunia kampuslah kita harus bisa bersikap toleransi, menerima dan bisa memahami setiap kebudayaan agar kita bisa bergaul dan berteman dengan siapa saja. Kita juga akan banyak menemui mahasiswa yang beranekaragam  dari yang julukannya kupu-kupu (kuliah pulang), kura-kura (kuliah rapat), kunang-kunang (kuliah nangkring) ya begitulah julukan bagi mahasiswa di kampus. Sebenarnya itu tergantung dari diri kita sendiri bagaimana cara kita untuk meng-exsplore diri kita sendiri, karena disitulah kita beranjak dewasa untuk menggapai cita-cita yang akan kita gapai.

Lalu, bagaimana cara meng-exsplore diri kita di dunia kampus? Banyak sekali cara untuk meng-exsplore diri kita di dunia kampus yaitu dengan kita kuliah prinsip 3S (santai, serius, sukses). Kuliah tidak harus serius-serius dan jangan terlalu santai yang penting kita fokus terhadap apa yang akan kita capai, kita juga bisa mengikuti organisasi di dalam atau bahkan di luar kampus sesuai apa yang kita inginkan, bergaul dengan siapa saja tetapi kita juga harus tau akan batasannya. Mulai dengan hal-hal yang kecil untuk meng-exsplore diri kita, karen dari suatu hal yang kecil akan berubah menjadi suatu hal besar nantinya. Ya itulah sepenggal kata tentang Dunia Kampus. Kenalilah diri kita, berusahalah untuk menjadi yang terbaik walaupun kita belum bisa memberikan yang terbaik setidaknya kita sudah mampu mencoba dan berusaha.

Anugerah Dwi Fitriani

Usaha Jasa Pariwisata 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078