Kamis, 01 Mei 2014

EXBROS 2014

        

           Tahun ini, EXBROS (Experential Broadcasting Seminar) kembali digelar oleh Institut Perbanas FM (IPFM), salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di Perbanas Institut. Acara yang diadakan pada tanggal 24 April lalu ini mengangkat tema “Let’s Explore Your Communication Skill To be As Good As a Public Speaker”.

       Secara keseluruhan, acara ini berlangsung meriah dengan hadirnya tiga public speakers ternama di Indonesia yaitu Indy Barends, Rico Ceper dan Sogi Indra Duaja. Peserta seminar yang memadati auditorium gedung unit III perbanas terlihat sangat antusias mendengar materi yang disampaikan oleh pembicara. Waktu 4 jam yang disediakan panitia terasa begitu cepat karena para pembicara menyampaikan materi secara menarik, berdasarkan pengalaman-pengalaman yang pernah mereka alami sejak memulai karir sebagai public speaker.
          Mungkin banyak yang berfikir untuk jadi seorang public speaker itu enak, ga susah tinggal cuap-cuap. Tapi pada kenyataannya, terkadang seorang public speaker harus mengalahkan emosi dan hal-hal pribadi lainnya untuk tetap tampil ceria di depan pendengarnya. “Dulu gue sempet berantem sama partner siaran gue, pas break kita diem-dieman tapi begitu kita on air, kita harus professional dan meninggalkan ego masing-masing.” Ujar Indy Barends.



            Menurut wanita yang akrab di panggil teh Indy ini, kunci bagi speaker dan audience adalah mengalahkan nervous. Ketika kita berhadapan dengan banyak orang, body language, ekspresi dan gesture sangat di perlukan. Untuk mengasah itu semua, diperlukan pengalaman dan jam terbang yang banyak, learning by doing. Mempelajari teori-teori memang membantu, tapi pada dasarnya kemampuan ini didapat secara natural. Pesannya kepada para peserta, “Jangan pernah mundur karena kesempatan tidak datang dua kali.”

Ukhti Nantika

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878