Jumat, 07 Juni 2013

Seminar Pedang Pena Bersama Sudjiwo Tedjo


Seminar Pedang Pena yang diadakan oleh kelas 2D Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia 2011 menghadirkan seorang seniman, Sudjiwo Tedjo. Seminar ini mengangkat tema “Saatnya perlawanan sebagai media kritik sosial.” Topik yang dibahas seputar sastra sebagai media kritik sosial. Tidak hanya itu, diskusi bersama Sudjiwo Tedjo juga membahas science, human, dan lainnya. Hal ini dikarenakan Sudjiwo Tedjo tidak hanya menyukai seni atau sastra tetapi segala pengetahuan dia serap.
Puisi adalah salah satu karya sastra. Puisi juga bisa dijadikan perlawanan sebagai kritik sosial. Misalnya membuat puisi dengan tema perlawanan terhadap korupsi. “Melawan korupsi harus sampai ke akarnya karena inti dari korupsi adalah iri dan dengki.” Kata Sudjiwo Tedjo. Tetapi memang tidak semua puisi bisa dijadikan perlawan terhadap kritik sosial.
Sudjiwo Tedjo mempunyai cara tersendiri dalam mengungkapkan kritik sosial, yaitu melalui lagu-lagunya. Dalam seminar ini, Sudjiwo Tedjo menyanyikan tiga buah lagu yang isinya berupa kritik sosial. Lagu ini terbilang unik karena pesan yang disampaikan secara tersirat.
Oktiani Endarwati

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078