Selasa, 25 Desember 2018

MAHASISWA ORGANISASI BERWIRAUSAHA



Mahasiswa organisasi? itu udah biasa, mahasiswa wirausaha? itu juga biasa.
Tau gak Edufriend apa yang gak biasa-biasa aja? Yaitu…
“Mahasiswa Organisasi Berwirausaha” kece parah gak si kalo kalian bisa menjadi salah satu mahasiswa dengan label ini. Disini DJ akan kasih tau kalian gimana si caranya menjadi mahasiswa organisasi berwirausaha dan salah satu contoh nyata mahasiswa yang aktif organisasi dan menggeluti bisnis dengan lancar.
Tips dan trick menjadi Mahasiswa Organisasi Berwirausaha:
1.      Buat Daftar Jadwal Prioritas Mulai dari Kuliah, Organisasi, dan Rencana Bisnis
Jangan salah Edufriend, buat list kaya gini, butuh waktu yang gak sedikit loh.. kalian harus bener-bener tau mana skala prioritas yang paling atas, urgent untuk dilakukan, dan waktu yang berdampingan. Belum lagi kalo list jadwal setiap hari akan berubah kalo ada hal yang tiba-tiba harus banget dilakukan saat itu juga, apalagi yang berhubungan dengan acara keluarga. So, better you prefer the schedule first ya Edufriend J

2.      Ikut Organisasi yang Berhubungan dengan Kewirausahaan
Dengan kalian ikut organisasi yang berhubungan dengan kewirausahaan, kalian akan dipertemukan dengan teman yang memiliki visi yang sama, dan pastinya akan disuguhkan dengan proker-proker yang mendukung bagaimana menjadi wirausaha yang baik dan benar. Kalian akan ditempatkan di satu wadah besar dan berkolaborasi langsung dengan mahasiswa lain yang beda fakultas. Info-info seminar juga akan bertebaran disana bahkan akan dipastikan kalian sendiri yang akan menjadi panitia di acara kewirausahaan yang akan diselenggarakan di organisasi tersebut.

3.      Ikut Seminar dan Workshop Bertemakan Wirausaha
Bagi kalian yang minat banget pada bidang ini, khususnya mau jadi yougpreneur harus sering-sering ikut seminar dan workshop, karena disitu kalian akan mendapat wawasan, ilmu, pengalaman yang sudah dialami bagi para entrepreneur yang sudah berhasil pada bidangnya. Kalian bisa berinteraksi langsung dengan para entrepreneur untuk mengetahui apa aja kiat-kiat yang sudah dilakukan. Karena, setiap orang pasti mempunyai kiat-kiat yang berbeda dan kalian bisa mencontoh jika sesuai dengan kepribadian kalian.

4.      Merencanakan Rencana Binis Seusai Mengerjakan Semua Tugas
Bagi kalian calon wirausaha muda, siap-siap aja yaa, waktu tidur kalian akan terambil dan kalian akan saingan sama panda karena kantong mata hehe..bercanda ya Edufriend :v. “Tapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, banyak perjuangan yang pasti kalian lakukan dan banyak perjuangan yang pasti kaian korbankan”. Udah kaya quotes kekinian belum tuh?hehe..

5.      DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakal)
Salah satu konsep yang patut kalian contoh adalah konsep DUIT. Setelah kalian sudah melakukan semua usaha di atas, yang kalian lakukan adalah Ikhtiar dan Tawakal. Serahkan semua kepada Allah dan percaya deh semua yang telah kalian akan membuahkan hasil, seperti kata pepatah “Apa Yang Kalain Tanam, Itulah Yang Kalian Tuai”, artinya “Apa Yang Kalian Lakukan, Itulah Yang Akan Kalian Dapatkan”. Ingat selalu ya Edufriend..

Nah..sekarang DJ akan kasih tau kalian salah satu contoh nyata Mahasiswa Organisasi Berwirausaha di lingkungan Universitas Negeri Jakarta. Yaitu, Nur Rokhmat
Nur Rokhmat atau yang akrab Rokhmat/Jayen/ Sayang juga boleh katanya haha..     
Rokhmat adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2017 di Fakultas Ekonomi. Rokhmat adalah salah satu mahasiswa yang aktif organisasi yang bahkan mengikuti 3 organisasi tingkat prodi (BEM Ekonomi Administrasi). Fakultas (KSEI FE UNJ), Univ (Kopma UNJ). Sekarang Rokhmat juga sedang menjalani usaha yaitu “Real Macaroni”. Real Macaroni adalah makanan ringan yang bahan bakunya adalah makaroni dengan pilihan rasa yang beragam, mulai dari pedes asin, pedes banget, jagung bakar, balado dan keju. Makaroni memiliki banyak peminat karena rasanya yang enak, dan tekstur makaroninya yang renyah untuk dimakan. Makaroni ini juga udah bisa kalian temukan ni Edufriend di Toko Jajanan FE (Economart dan Econodot) yang terletak di Gd. N. Harganya juga bersahabat dengan kantong ni, jadi kalian jangan takut ya kalon kantong kalian akan “kempes” setelah jajan makaroni ini.
Kiat-kiat yang Rokhmat lakukan juga lebih kurang sama dengan apa yang udah DJ kasih tau sama kalian di atas, tapi pasti semua orang mempunyai konsep atau prinsip yang berbeda-beda ya...Kalo kata Rokhmat “List dulu apa yang mau kalian lakukan hari ini dan besok, dan kerjakan semua yang udah ada di depan mata, gausah dipikirin lama=lama. Lakuin aja!!”. Nah gitu Edufriend tips dan trik dari Rokhmat.
Nah segitu dulu ya, yang bisa DJ kasih ke Edufriend...
Semoga bisa bermanfaat dan diterapin di kehidupan sehari-hari, gak lupa juga kalian bisa pilih salah satu tokoh yang bisa kalian jadikan panutan/motivasi untuk bisa jadi poros kalian dalam berwirausaha.
Semangat jadi Wirausaha Muda yaa....Raih impianmu sampai ke ujung dunia..
Keep Inspiring, Keep Struggling, and Keep Being Low Profile.


Zahra Verona Putri

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878