Selasa, 04 Desember 2018

SEMINAR IT EXPO UNJ 2018



Kamis, 29 November 2018 telah dilaksanakan seminar IT Expo oleh BEMP PTIK UNJ. Mengambil tema ‘Inovasi IT Untuk Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0’ seminar ini merupakan acara puncak tahunan yang diselenggarakan di Aula latief UNJ.
Sebelum acara puncak, telah diadakan beberapa rangkaian acara dimulai dari workshop yang diadakan pada tanggal 21 November dengan tema media pembelajaran, selanjutnya ada lomba tentang IT dengan terget siswa/siswi SMA dan SMA sepulau Jawa, seminar dan EXPO.
Tujuan diselenggarakannya IT Expo ini adalah untuk menjangkau teman-teman yang kurang uptodate tentang IT dan juga mengajak para peserta di kalangan SMA/SMK untuk ikut serta dalam berlomba di bidang IT. Selain itu acara ini juga ditujukan untuk memperkenalkan revolusi industri 4.0 kepada mahsiswa dan juga peserta seminar.
Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh wakil dekan 3 FT UNJ yaitu Ibu Henita Rahmayanti. Acara seminar IT Expo ini terbagi dalam dua sesi yaitu sesi pertama dari pukul 10.30 sampai 12.00 yang diisi oleh pemateri dari Technical Manager PT PJI yaitu bapak Muhammad Nurdhani dengan pokok bahasan perkembangan teknologi serta dampak apa saja yang terjadi pada industri 4.0 ini.
“Industri 4.0 adalah industri yang berbasis teknologi sehingga sebagai masyarakat yang cerdas kita harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing. Meskipun akan banyak pekerjaan-pekerjaan yang tergantikan dengan robot dan komputer namun peran manusia tetaplah ada. Hal ini tentu akan berdampak positif karena pekerjaan berat tak dilakukan oleh manusia namun oleh robot itu sendiri. Lapangan pekerjaan baru seperti operator robot, progammer robot, maupun technical robot justru akan terbuka lebar bagi orang yang ahli di bidang tersebut.” papar Muhammad Nurdhani.
Pada sesi kedua yang dimulai dari puku 13.00-15.00 panitia menghadirkan bapak Muhammad Singgih Zulficar selaku Co-Founder CMO Codepolitan yang memaparkan materi mengenai pendidikan di era industri 4.0. Di era yang serba maju ini pendidikan haruslah selaras agar tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman serta mampu melahirkan orang-orang baru yang tangguh dalam bersaing di industri 4.0. banyak terobosan-terobosan baru di dunia pendidikan terutama di luar negeri seperti online class yang sudah marak digunakan. Acara berakhir pukul 16.00 setelah pembagian piala bagi para pemenang lomba tentang IT yang sebelumnya telah dilaksanakan.
Steven selaku peserta Seminar IT Expo 2018 mangaku dirinya mendapatkan lebih banyak referensi dan gambaran mengenai perkembangan teknologi di industri 4.0 serta pesatnya pendidikan yang berkembang dan dengan mudahnya dapat diakses oleh banyak orang.


Irfai

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878