Sabtu, 30 November 2013

Radioventure 2013 “Heart to Heard” #2

Dominique Sawii dalam workshop producer
Hari kedua seminar dan workshop Radioventure 2013 berlangsung di perpustakaan UI. Pada seminar itu mengangkat tema “How to be part of Radio Industry” yang dijelaskan oleh Octaviyanti Coster. Dalam industri radio tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika benar-benar ingin bergabung. Setiap industri radio juga memiliki kualifikasi yang berbeda mulai dari struktur organisasi hingga musik yang diputar.
Setelah itu ada Workshop Producer dan Workshop Announcer yang diadakan di tempat berbeda. Dalam workshop Producer dengan tema “Captain of the Radio Show” menghadirkan pembicara Dominique Sawii. Dia menjelaskan bahwa dibalik kesuksesan penyiar dalam siaran ada seorang kapten yang bertugas mengatur segala hal untuk disiarkan. Untuk itulah sebagai produser, kita dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan satu ide. Bukan hanya itu, produser juga memegang kendali penuh saat penyiar sedang siaran. Jika penyiar salah dalam menyampaikan informasi maka yang pertama kali disalahkan adalah kapten.
Andhari Agustien (Announcer of Prambors Radio) dan Radhini (Announcer of Trax FM)
Kemudian ada workshop Announcer yang menghadirkan Andhari Agustien (Announcer of Prambors Radio) dan Radhini (Announcer of Trax FM). Tema yang diangkat “The Untold Story Behind The Mic”. Andhari menceritakan awal karirnya pada tahun 2004 sebagai penyiar di Prambors Radio hingga saat ini. Ia membawakan program DJ kamu dan Single DJ di Prambors Radio. Ia juga merupakan seorang mc, voice over talent, dan founder of nyobasiaran.com pada tahun 2012. Topik yang diberikan Andhari kepada peserta adalah The difference to bring hard news & soft news, Interview remarkable/important people, Explore your talent, dan My stories of being announcer.

Kemudian pembicara kedua Radhini (Announcer of Trax FM). Ia merupakan alumni SMU AL-Azhar  3 Jakarta dan alumni LSPR Jakarta. Saat ini ia membawakan program Zona Cinta di Trax FM. Randhini menjelaskan cara meningkatkan R-Personality bisa dengan warm up, mendengarkan berbagai penyiar idola, memilih berita dari sudut yang kamu sukai, mencari signature style yang ‘elo banget’, membayangkan sasaran pendengar lo itu adalah sahabat lo, membuat opening & closing yang menarik.
Askarina Bintari sebagai ketua pelaksana acara ini berharap agar masyarakat umum khususnya mahasiswa UI lebih mengetahui dunia radio beserta “behind the scene”nya, karena yang kita tahu selama ini bahwa masyarakat hanya mengetahui announcer dalam bidang radio. Meski acara ini masih banyak kekurangan karena kurang sumber daya manusia tetapi Askarina merasa cukup puas karena acara ini bisa terlaksana hingga akhir.
“Kesannya sangat seru. Pembicara yang dihadirkan memang sudah ahli pada bidangnya masing-masing. Peserta seminar dan workshop juga yang sangat antusias. Semoga bisa menambah jaringan pertemanan antar orang-orang yang berada di dunia radio.” Kata Askarina.

Oktiani Endarwati dan Indah Juniasari

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078