Sabtu, 30 November 2013

Radioventure 2013 “Heart to Heard” #1

Arin Swandari sebagai pembicara sedang memberikan materi

Apa yang kalian tahu dari radio? Penyiar? Musik? Ya. Memang tidak salah jika kalian mengenal penyiar dan musik ketika mendengarkan radio. Padahal banyak sekali orang-orang yang bekerja dalam radio selain penyiar. Untuk itu RTCUI mengajak kalian untuk mengenal lebih dalam tentang radio. Dalam rangkaian acara Radioventure 2013 yang diadakan selama dua hari, 8-9 November 2013 mengajak kita sebagai peserta untuk mengikuti seminar dan workshop. Pada hari pertama di Auditorium Pusat Studi Jepang, 8 November 2013, seminar yang mengambil tema “Time Machine” dengan pembicara Etika Rosemarie mengajak kita kembali pada masa-masa radio dulu. Dulu radio menjadi media paling penting dalam menginformasikan berita. Fungsi radio masih sama hingga sekarang meskipun banyak media lain seperti televisi, media sosial, yang tidak kalah cepat menginformasikan berita. Namun, tetap saja radio punya pendengar setianya. Selain menyuguhkan lagu-lagu lawas maupun lagu terkini, radio tetap dinanti.
Setelah seminar, ada dua workshop yang diadakan pada jam bersamaan. Peserta bisa memilih, ingin mengikuti Workshop Reportase atau Music Director. Workshop dimulai pukul 13.00 WIB secara bersamaan. Dalam workshop reportase menghadirkan pembicara Arin Swandari yang secara langsung memberikan materi tentang reportase di radio. Dengan tema “Journey to the Center of Radio Journalism” mengajak peserta untuk mendalami jiwa reporter. Dijelaskan oleh Arin bahwa seorang reporter harus selalu tanggap terhadap keadaan. Reporter radio harus mampu menjadi mata dan telinga dari pendengar. Selain itu kecepatan dan keakuratan data seorang reporter juga dinilai. Jangan sampai kita salah menginformasikan sesuatu. Reporter tidak terlepas dari tulisan. Tulisan itulah yang bisa dibacakan penyiar untuk disampaikan kepada pendengar. Metode yang dipakai adalah KISS (Keep It Short and Simple).
Dalam workshop Music Director dengan tema “Hits Maker or Hits Player” menjelaskan bagaimana menjadi penyiar yang memiliki pengetahuan musik yang baik. Menghadirkan pembicara Gilang AR yang berbagi pengalamannya sebagai Ketua Asosiasi Music Director Indonesia. Tentu selain menunggu suara penyiar, kita menunggu lagu-lagu yang akan diputarkan. Untuk itu penting mengetahui perkembangan musik sekarang.

Oktiani Endarwati dan Melliza

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878