Selasa, 25 Juli 2017

Makna Dibalik Acara 'IN SITU'

Pendidikan Seni Rupa – Universitas Negeri Jakarta mempersembahkan pameran seni rupa “IN SITU” yang di buka pada hari Kamis, 13 Juli 2017 pukul 6 sore di SPACE: Gallery + Workshop. Pameran yang dikuratori oleh Aprina Murwanti tersebut diikuti oleh tiga orang seniman yaitu Arif, Lillah Fauzillah, dan Reza Zefanya Mulia. Acara ini berlangsung kurang lebih selama 11 hari, mulai dari tanggal 13 – 24 Juli 2017.

Acara ini melibatkan Arif, Lillah, dan Zefan sebagai senior dan artist yang menunjukkan karya-karyanya, serta para mahasiswa dan mahasiswi Pendidikan Seni Rupa tahun angkatan 2015 sebagai panitia pelaksana.

Pameran ini sudah dipersiapkan dengan baik, dimulai dari rapat pemilihan tempat, penetuan tema, dan karya-karya yang akan dipajang untuk memberikan “nilai” kepada para tamu atau pengunjung yang datang. Sasaran dalam acara ini tentunya mahasiswa/i Universitas Negeri Jakarta dan juga terbuka untuk umum.

Setelah acara ini berlangsung, para pengunjung diharapkan untuk menerima pesan yang disampaikan melalui karya-karya para artist, contohnya karya Zevan, beliau mencerminkan ketika ada pameran, seni itu hilang. Karena setiap ada pameran, para pengunjung hanya memikirkan egonya dengan cara memfoto atau selfie, dan memamerkan karya di sosial media hanya untuk keeksisan mereka, padahal dengan dibuatnya pameran, para artist menginginkan pengunjung untuk menikmati karya karya yang ada, bukan untuk meningkatkan popularitas.

Pameran “IN SITU” ini juga diramaikan dengan diskusi pada tanggal 22 Juli 2017, dengan para artist yang membuat karya karya tersebut. Antusias para pengunjung cukup tinggi dalam mendengarkan penjelasan para artist mengenai karya-karya yang dipamerkan.


Muhammad Rizky Alvian

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078