Sabtu, 01 Juli 2017

Apa yang Anda Pikirkan? #KATAUNJ6

Kalimat tersebut sering kali kita baca dimedia sosial atau sering juga kita tanyakan pada diri kita sendiri. Sebagian besar orang sering kali bertanya-tanya apa yang sedang ia pikirkan, namun sebagian orang juga merasa kesulitan menggungkapkannnya baik secara verbal maupun nonverbal.

Padahal banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menggungkapkan apa yang kita pikirkan, salah satunya adalah menulis. Jika kebanyakan orang sulit untuk menggungkapkan ide, kritik ataupun saran kepada seseorang atau kepada lembaga tertentu secara verbal (bicara) yang mungkin disebabkan karena satu dan lain hal, maka cara terbaik adalah menuliskannya (non verbal).

Di UNJ juga telah ada FIDE atau forum ide kita, menurut saya FIDE merupakan forum yang bagus untuk mahasiswa UNJ agar dapat menggungkapkan ide, kritik atau saran dengan menulis, namun sepertinya FIDE kurang diminati mahasiswa, entah karena broadcast yang tidak tersampaikan dengan baik, atau memang dari mahasiswa itu sendiri yang kurang berminat.

Hal ini perlu dibenahi, kita perlu merubah pola pikir kita bahwa menulis bukanlah sesuatu yang sulit, hal ini bisa dimulai dengan menuliskan apa yang kita rasakan dan kita pikirkan di buku diary, menuliskan apa yang kita inginkan dikemudian hari, menceritakan semua isi hati, atau bisa juga membuat cerita tentang berbagai hal yang kita impikan.

Lambat laun kita akan terbiasa menulis, belajar menulis yang baik, belajar menggungkapkan ide, kritik atau saran lewat menulis, dan juga belajar menuliskan opini tentang suatu hal dimasyarakat.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” kata Pramoedya Anata Toer.


Rosita
PGPAUD 2015


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078