Minggu, 09 Oktober 2016

Photo Image Showroom Part V Frame Of Photography FISIP UPN “Veteran” Jakarta yang “Penuh Cinta”

3 Oktober 2016 yang lalu, Frame Of Photography FISIP UPN “Veteran” Jakarta kembali mengadakan perhelatan pameran foto yang bertajuk “Photo Image Showroom” yang diadakan hingga tanggal 6 Oktober 2016. Photo Image Showroom oleh Frame Of Photography FISIP UPNVJ ini merupakan sebuah pameran foto yang mengapresiasi karya dari para anggota klub fotografi FISIP UPNVJ, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk berbagi karya kepada sesama mahasiswa/i serta masyarakat luar. Acara ini menjadi acara yang sudah kelima kali diadakan dengan nama yang sama, namun dengan tema yang berbeda. Tema pada tahun ini adalah Lovable. Dan judul yang disung adalah Aahva, diambil dari bahasa sansekerta yang mengandung makna kasih sayang. Judul tersebut dinilai tepat untuk mewakili tema lovable yang merupakan suatu perasaan yang menggambarkan kehangatan kasih sayang pada setiap foto yang disajikan. Pada Photo Image Showroom kali ini, FOP melaksanakan 3 rangkaian acara, diantaranya :

1.      Photo Image Showroom
Merupakan kegiatan pameran hasil foto para anggota FOP yang dihasilkan dalam satu tahun terakhir setelah melalui beberapa kali kelas intensif dan melalui proses kurasi.  Foto-foto yang dipamerkan berjumlah 30 foto dari sekitar 15 anggota yang berhasil lolos penyeleksian. Pameran dilakukan dari awal Acara hingga hari terakhir acara, 3-6 Oktober 2016 pukul 09.00-16-00 WIB yang bertempat di Lobby Gd. Muh Yamin FISIP UPNVeteran” Jakarta.   Foto – Foto yang ditampilkan pada pameran pun sangatlah berkaitan dengan temanya, Lovable, dapat dicintai dan penuh dengan kasih sayang.

Dari 30 Foto yang ditampilkan, berbagai cerita dari foto sangatlah beragam, mulai dari kasih sayang antara orangtua dan anak, kasih sayang sepasang kekasih, kasih sayang dengan sesama, dan segala yang berhubungan dengan kasih sayang. Pada pameran ini, disediakan pula photobooth yang dapat merekam dan mengabadikan “hangatnya” suasana pameran, dengan suasana kasih sayang tentunya. Penampilan dari tata letak dan posisi pamerannya pun terkesan “eye-catching” yang seolah-olah mengajak untuk melihat ke dalamnya.

2.      Photo Competition

Merupakan lomba fotografi bagi pelajar SMA/sederajat dan mahasiswa dari luar FISIP UPN “Veteran” Jakarta. Tema yang ditentukan adalah Lovable, sesuai dengan tema pameran. Lomba dilakukan dengan pengumpulan foto dari tanggal 12 hingga 30 September. Dan pengumuman pemenang dilaksanakan tanggal 3 Oktober. Pemenang lomba adalah :

Juara 1: Muhammad Bahrul Ulum dari STIE Yapan Surabaya
Juara 2: Ruli Adi Setiawan dari IPB Bogor
Juara 3: Iar Aemid dari Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

3.      Workshop Teknologi Kamera 360o

Bertempat di Ruang 101 Gedung Muh Yamin FISIP UPNVeteran” Jakarta pada 6 Oktober 2016, Kegiatan workshop ini dilaksanakan yang berisi tentang penjelasan & praktek tentang teknologi kamera 360 derajat, yaitu kamera yang dapat merekam gambar dari semua sisi. Workshop ini disampaikan oleh Sendie Nurseptara Sentausa, seorang fotografer profesional yang ahli di bidangnya.

Pria yang akrab dipanggil ‘Aaduds’ ini merupakan alumni dari Ilmu Komunikasi UPNVeteran” Jakarta pada tahun 2003. Ia juga senior/alumni dari klub Frame Of Photography. Setelah lulus dari UPN, hingga sekarang ia memiliki pengalaman kerja di berbagai instansi/perusahaan :

-          Tahun 2003, ia bekerja untuk The Jakarta Post sebagai Fotografer
-          Tahun 2003-2006, ia bekerja untuk jari-jari communication sebagai Produser
-          Tahun 2006-2008, ia bekerja untuk Tabloid Bens sebagai Fotografer
-          Tahun 2008-2013, ia bekerja untuk beberapa majalah sebagai Fotografer
-          Tahun 2013-sekarang, ia memilih untuk menjadi Freelance Photographer “Wonderful Indonesia” dibawah naungan Kementrian Pariwisata.

Kegiatan Workshop berjalan lancar dan para peserta workshop pun antusias dengan praktek yang dilakukan.

Dan hingga akhir acara ini, semua berjalan dengan baik dan mendapatkan antusiasme dari para pengunjung dan peserta, baik dari FISIP UPNVJ sendiri maupun dari luar. Hingga pada akhirnya, pameran Photo Image Showroom V ini menjadi kenangan tersendiri yang mampu membekas pada setiap mereka yang mendatanginya, dengan kenangan kasih sayang, tentunya.

M.Furqon Nugraha

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878