Sabtu, 25 Januari 2014

Semangat Nasionalisme dalam PPMI

Menurut Edufriend, apa sih manfaat ikut organisasi? Apakah ikut organisasi di kampus akan menghambat kuliah kalian? Mengikuti berbagai macam organisasi di kampus memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal itu tergantung dari bagaimana Edufriend membagi waktu antara kuliah dan organisasi sehingga keduanya bisa berjalan dengan baik dan seimbang. Selain menambah teman dari berbagai lintas jurusan, pengalaman berharga juga akan Edufriend dapatkan loh. Makanya pilih organisasi sesuai minat dan bakat.
Jika kurang puas dengan ikut organisasi di kampus, coba ikut di organisasi di luar kampus. Seperti salah satu mahasiswa FE, Annisa Virdania yang mengikuti PPMI (Purna Prakarya Muda Indonesia) pada tahun 2013 lalu. Tujuan dari komunitas ini adalah pendidikan dan kebudayaan Jakarta. Salah satu kegiatannya adalah JPI (Jambore Pemuda Indonesia) yang merupakan program pertukaran pemuda pemudi di setiap provinsi di Indonesia.


Untuk bisa bergabung di PPMI ternyata tidak mudah loh karena harus mengikuti seleksi kurang lebih 3 bulan. “Perasaannya senang, bangga. Selain punya teman baru dan relasi, jiwa nasionalisme kita semakin kental karena di JPI selama seminggu hidup bareng sama orang-orang yang baru kita kenal 33 provinsi di Indonesia.” Ujar Annisa Virdania.

Jambore Pemuda Indonesia dilaksanakan di Kalimantan Timur pada tahun 2013. Sebelum berangkat ke Kalimantan Timur semua peserta dibekali pengetahuan tentang budaya. Acara yang paling berkesan adalah pada saat pagelaran budaya. “Nah, pada saat pementasan di sana kita ditonton sama pemuda pemudi perwakilan seluruh penjuru Indonesia dan kalau pementasannya berhasil berasa bangga aja sama diri sendiri dan tim kita.” Kata Annisa Virdania yang menampilkan Tari Zapin saat di sana. Saat itu Jakarta membawa sekitar 7 tarian, palang pintu, silat, dan marawis. Sampai sekarang Annisa masih berkomunikasi dengan teman-teman Jambore Pemuda Indonesia.

Oktiani Endarwati

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878