Sabtu, 25 Januari 2014

Menginspirasi Anak Muda Melalui YOT CA (Young On Top Campus Ambassador)

Siapa yang tidak ingin meraih kesuksesan di usia muda? Tentu jalan menuju kesuksesan tidaklah mudah. Nah, mumpung masih muda apalagi masih mahasiswa, banyak banget hal-hal positif yang bisa kita lakukan. Kalau kalian merasa bosan dengan kegiatan kuliah yang itu-itu aja, coba cari kegiatan di luar kampus yang bermanfaat. Salah satunya ikut komunitas Young On Top Campus Ambassador.
Young On Top adalah sebuah komunitas yang berisikan duta kampus dari berbagai universitas di Indonesia. Komunitas ini didirikan oleh penulis buku Young On Top, Billy Boen dengan tujuan untuk menginspirasi anak-anak muda untuk meraih sukses di usia muda. Nah, salah satu mahasiswa UNJ, Oktaviatun Kusumarani dari FIP ikut bergabung dalam komunitas ini. Berawal dari menang kuis #YOTMetroTV kemudian mendapatkan hadiah buku YOT New Edition. Setelah membaca buku tersebut, Via -panggilan akrab- mulai tertarik dan mulai searching tentang komunitas itu (YOT). Dan yang membuatnya semakin tertarik adalah program mentorship untk mahasiswa bernama YOT Campus Ambassador.
Kegiatan mengajar di panti asuhan Kampung Melayu
“Pendaftaran YOT CA sekitar bulan April. Gue coba apply. Terus ternyata lolos. Abis itu masih ada serangkaian seleksi lagi. Calon YOT CA disuruh buat essay sepanjang 1000 kata dgn tema yg beda setiap minggunya. Ini berlangsung selama 4 minggu. Engga boleh telat semenit pun. Kalo telat, langsung di diskualifikasi.” Ujar Via berbagi pengalamannya.
Calon YOT CA yang lolos test essai akan mendapatkan panggilan interview. Interview itu dilakukan oleh mentor-mentor YOT, yaitu Mas Billy Boen, dkk. YOT sangat mengajarkan disiplin waktu termasuk saat interview. Calon YOT CA tidak boleh datang telat. Telat semenit saja langsung diskualifikasi. Setelah interview, sekitar 1-2 minggu kemudian pengumuman lolos sebagai YOT CA dari UNJ.

“Gue ikut yg batch 4. YOT CA dibuka setiap tahun. Jadi ini udh tahun ke 4. Batch 4 ada 26 universitas se Jabodetabek.” Kata Via.
Kegiatan yang dilakukan oleh Young On Top Campus Ambassador banyak banget. Salah satu kegiatan bulanan namanya Monthly Meeting (MM) dengan tema yang berbeda-beda. MM kadang  dijadikan ajang "curhat" CA ke mentor-mentor YOT.
Kegiatan lainnya ada YOT Walk, YOT Mengajar, YOT Share (buka bersama & santunan anak panti), YOT Natal, YOT networking day, dll. Dan di bulan Februari ini ada event besar loh. Namanya Love Donation, yaitu acara donor darah.
“Setiap CA itu diwajibkan nulis minimal 2 artikel setiap bulannya di web YOT. Ini sebagai sarana mereka untk share ke masyarakat. Sesuai dengan motto YOT, learn and share. Nah, CA jg harus mengaplikasikan motto tersebut.” Jelas Via yang sampai sekarang masih rajin menulis.
“Kebetulan gue Vice PO YOT mengajar. Setiap bulannya kita ngajar dan nyebarin value-value yang ada di buku YOT ke anak-anak panti asuhan Kampung Melayu. Yang diajarin selama setahun ini (sampai Mei 2014) itu tentang 35 value YOT. Misalnya tentang creativity, make a lot a friends, integrity, be ontime, dll. Yang diajarkan adalah softskill.” Jelas Via yang senang sekali sewaktu mengajar anak-anak panti asuhan. Melihat mereka semangat dan ceria selama belajar membuatnya selalu merasa bersyukur.

Oktiani Endarwati

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878