Kamis, 29 Maret 2018

Grand Final MAWAPRES UNJ 2018, FMIPA Berhasil Dinobatkan sebagai MAWAPRES UTAMA UNJ 2018

18 finalis MAWAPRES bersama dengan panitia serta Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
          Rawamangun (27/03/2018) usai istirahat makan siang, Aula Maftuhah Yusuf yang berada di Gedung Dewi Sartika lantai 2 mulai dipenuhi oleh mahasiswa UNJ yang datang untuk mendukung finalis favoritnya di MAWAPRES UNJ 2018. Ruangan cukup penuh sampai banyak mahasiswa yang duduk di tangga karena tidak mendapat kursi. Mereka begitu antusias untuk melihat finalis favorit mereka tampil di acara Grand Final hari itu.

            Sebelum mencapai tahap Grand Final, 18 finalis Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) UNJ 2018 telah mengikuti rangkaian acara antara lain pendaftaran yang diwadahi oleh Sekolah MAWAPRES, Eksplorasi, serta Karantina yang diadakan selama dua hari di Guest House UNJ, 24-25 Maret lalu. Terlepas dari itu, 18 finalis yang berasal dari 8 fakultas ini telah mengikuti seleksi yang cukup ketat dari tingkat prodi, fakultas kemudian ke tingkat universitas.

            “Di prodiku, pertama dilihat dulu berprestasi dalam bidang apa, misalnya dia ikut organisasi atau ikut lomba. Baru bisa dijaring oleh Kaprodi. Karena MAWAPRES itu tidak sekedar pintar, tapi dilihat juga niat dan kerja kerasnya sejauh apa. Biasanya bikin KTI dan pengumpulan berkas itu yang bikin mahasiswa suka males” ujar Niamul Maftuhah, salah satu finalis MAWAPRES UNJ 2018 yang mewakili Fakultas Ilmu Sosial.

            Acara pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini diselenggarakan oleh KEMENRISTEKDIKTI untuk PTN dan PTS di Indonesia, yang bertujuan sebagai wadah mahasiswa untuk menuangkan prestasi serta berkontribusi kepada universitas khususnya meningkatkan tingkat akademik. Di tahun 2018 ini, MAWAPRES UNJ mengangkat tema “SDGs (Sustainable Development Goals)”. Yaitu membahas tentang isu-isu yang saat ini sedang marak di Asia. Tema ini telah diimplementasikan saat presentasi Karya Tulis Ilmiah serta Impromptu Speech dalam acara Grand Final. Impromptu Speech itu sendiri berupa pertanyaan-pertanyaan dari dekan-dekan tiap Fakultas yang dijawab oleh para finalis menggunakan bahasa Inggris dan hanya diberi waktu 1 menit.

            Selain sesi Impromptu Speech, dalam acara Grand Final MAWAPRES UNJ 2018 juga terdapat sesi kisah inspiratif. Pada sesi tersebut masing-masing finalis menceritakan kisah inspiratif berdasarkan apa yang telah mereka lalui. Kemudian, dilanjutkan dengan pengumuman voters terbaik pada saat Eksplorasi MAWAPRES dan Grand Final MAWAPRES. Setelah pengumuman, penonton disuguhi penampilan dari beberapa finalis. Ada yang membawakan tarian Betawi dan juga ada yang menampilkan teatrikal. Barulah setelah itu, parade MAWAPRES UNJ 2018 dimulai.

            Usai menonton parade MAWAPRES UNJ 2018, saat yang dinantikan pun tiba. Yakni pengumuman pemenang MAWAPRES UNJ 2018. Semua penonton berubah menjadi tenang, menyimak juri yang membacakan pengumuman MAWAPRES UNJ 2018.

Perasaan haru setelah pembacaan pengumuman MAWAPRES
Berikut urutan MAWAPRES UNJ tahun 2018:
Tingkat S1
MAWAPRES UTAMA   : Agustiani Putri (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
MAWAPRES II              : Tita Desyara (Fakultas Bahasa dan Seni)
MAWAPRES III             : Maraden Jazmi Narasoma (Fakultas Ekonomi)
Tingkat D3
MAWAPRES UTAMA   : Maulydita Nurasyifa (Fakultas Ilmu Sosial)
MAWAPRES Terfavorit
Susi Rahmiyati (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
MAWAPRES Terinspiratif
Indri Susilowati (Fakultas Bahasa dan Seni)
MAWAPRES Bahasa Inggris Terbaik
Siti Aisyah Nurrusma (Fakultas Pendidikan Psikologi)
MAWAPRES Karya Tulis Ilmiah Terbaik
Naufal Ibnu Salam (Fakultas Teknik)
MAWAPRES Best Personality
Alifia Sholiha (Fakultas Ekonomi)

Mawapres Utama UNJ
          Usai acara, kami berhasil mewawancarai MAWAPRES Utama, Agustiani Putri. Ia merasa terharu dan bersyukur sekali atas dukungan dari orangtua dan teman-temannya, karena ia berhasil meraih MAWAPRES Utama. Kemudian ia menuturkan juga bahwa setelah Pemilihan MAWAPRES UNJ ia akan mempersiapkan diri untuk maju ke tingkat Nasional. “Selalu menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain karena itu adalah kesuksesan terbesar” pungkasnya.



Nabila Hidayah

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 1

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078