Kamis, 26 Mei 2016

Keroncong Generasi 2016. Keroncong Goes to Campus “Talkshow Generasi Muda & Masa Depan Keroncong”

  Musik Keroncong adalah kekayaan budaya Indonesia yang unik dengan pola ritmik khas. Kekayaan budaya bangsa ini layak menjadi ikon Indonesia dan bahkan menjadi warisan budaya dunia, seperti halnya batik. Keroncong juga seharusnya dapat menjadi magnet bagi pertumbuhan pariwisata Indonesia. Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, Ikatan Alumni ITB 80, dan Media Indonesia menggagas sebuah gerakan #Keronconggenerasi untuk terus melestarikan budaya bangsa ini.

                Pada tanggal 24 Mei 2016 telah diadakan Talkshow bersama tokoh-tokoh penggagas dan pengisi acara Keroncong Generasi di Plaza Universitas Negeri Jakarta pukul 15.00-17.00. Semilir angin beserta alunan indah dari musik keroncong membuat mahasiswa dan beberapa karyawan maupun dosen di Universitas Negeri Jakarta merasa tertarik untuk menyaksikan acara tersebut. #Keronconggenerasi adalah sebuah nama yang dipilih untuk mewadahi beragam kegiatan dari salah satu kekayaan musik Indonesia, yaitu musik Keroncong. Pilihan nama #Keronconggenerasi dimaksudkan untuk memberi ruang dalam sebuah peristiwa seni pertunjukkan yang akan menghadirkan kekayaan musik keroncong dari masa ke masa, dari generasi ke generasi. Hal itu sebagai usaha untuk pelestarian/ketahanan budaya, pendidikan bela bangsa, promosi pariwisata, dan menciptakan komunitas kreatif dalam dunia seni pertunjukkan yang akan mendorong lahirnya karya karya baru dari musik keroncong dalam dunia musik keroncong dalam dinamika zaman yang dinamis dan generasi yang berkesadaran atas kekayaan musiknya.



                #Keronconggenerasi akan mempersembahkan Festival dan Konser Keroncong Generasi pada hari sabtu, 28 mei 2016 pukul 14.00-22.00 di Plaza Barat Senayan Jakarta. Sudah waktunya keroncong menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Pagelaran itu akan menampilkan artis penyanyi keroncong ternama dan artis muda yang akan berkolaborasi dalam balutan keroncong modern diantaranya Sundari Soektjo, Endah Laras, Sruti Respati, Mus Mulyadi, Mus Mujiono, Armand Maulana, Intan Soekotjo, Putri Ayu, Maria Callista dan akan ada tampilan dari Grup Keroncong UNJ “Swaramangun”.



                                                                                                                        Mifta Putri Apriyani

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878