Minggu, 20 Maret 2016

Blok M Sejuta Rasa #KATAUNJ1

''Kadang mau jalan aja susah. Harus senggol sana senggol sini. Crowded banget, "

Sumpek. Mungkin itu adalah gambaran singkat tentang salah satu tempat tongkrongan anak UNJ. Yups. Blok M. Nama mall? Bukan. Blok M yang jadi tongkrongan anak UNJ bukan mall Blok M. Melainkan nama kantin. Yah, kantin yang ada di kampus UNJ tercinta. Itu loh kantin yang di dalamnya ada beraneka makanan dari yang asin sampai yang manis. Dari yang basah sampai yang kering. Dari yang harganya rata - rata sampai yang menengah ke bawah. Yah, bisa dibilang pas dengan mayoritas kantong anak kosan yang maniak dengan makanan murah namun sanggup bikin kenyang.

Sebenarnya kantin di UNJ itu banyak. Namun, seperti yang terlihat. Nampaknya kantin Blok M yang lokasinya antara gedung Pasca Sarjana dan Fakultas Ekonomi ini tak pernah sepi pengunjung. Dan selalu nampak yang paling ramai ketimbang yang lainnya. Saking ramainya, sebelum bisa benar-benar duduk sambil menyantap makanan, kita harus legowo mengantri dengan yang lainnya. Kalau sudah benar- benar bejubel, membungkus pesanan adalah pilihan terakhir yang harus dilakoni.

Tak hanya berjualan di hari ngampus. Para penjual di kantin Blok M pun tetap berjualan meski hari libur. Alasannya sih karena memang UNJ itu kampus yang tidak pernah sepi. Jadi, rasanya sama saja mau itu hari libur atau hari biasa. dibalik keramaian yang disuguhkan Blok M  ada fakta menarik lainnya yang patut dilirik dari kantin kondang yang satu ini. Selain ramai dan sumpek. Kantin Blok M juga terlihat tak beraturan dan sesak.

''Kadang mau jalan aja susah. Harus senggol sana senggol sini. Crowded banget, " gerutu Retno yang merupakan mahasiswi English Department semester dua ini.

"Udah gitu, bau asap rokok. Harusnya ada larangan merokok tuh. Kan ini tempat umum. Sesak kan jadinya teh," tambah Izky, gadis berdarah sunda yang merupakan teman sejawat Retno.

Kantin Blok M memang terlihat lebih seperti pasar ketimbang kantin. Bisa anda bayangkan makan dengan suasana yang tidak tenang, ditambah dengan orang-orang yang mengantri tempat duduk anda sekarang. Selain itu, di dinding sekitaran kantin pun ada himbauan tidak boleh berlama-lama. Wuih. Jadi sensasi tersendiri melepas lapar di kantin seperti itu.

Memang, tak semua mahasiswa mempermasalahkan ketidaknyamanan atas suasana di Blok M. Ada pula segelintir mahasiswa yang acuh dan lebih fokus dengan kondisi perut yang minta diisi.

"Cuek aja lah. enjoy aja. Yang penting makan." , ungkap Rizal, mahasiswa ekonomi yang sudah semester akhir.

Beda Rizal beda lagi dengan Annisa, mahasiswi yang mengidolakan 5SOS ini menginginkan blok M menjadi lebih baik lagi.

"Gak harus kaya XXI juga sih. Yang penting suasananya bersih dan nyaman. Bisa lah space-nya diperluas. Biar gak sumpek." Imbuhnya.

Kita berdoa saja semoga blok m menjadi tempat yang benar- benar nyaman untuk seluruh civitas akademika. Tentunya, hal ini menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi semua yang terlibat. Inilah blok m,  kantin dengan sejuta rasa dan cerita yang mewarnainya. Ingin merasakan sensasinya? Cobalah berkunjung kemari saat jam makan siang. Selamat mencoba!

Tita Desyara
Pendidikan Bahasa Inggris
2015

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878