Senin, 27 April 2015

English Debating Competition (EDCO) 2015

“Sharpen Your Analytical Thinking Through Intelectual Debate”

            Jurusan bahasa dan sastra Inggris dengan bangga mempersembahkan EDCO yaitu English Debating Competition yang diselenggarakan pada tanggal 18 – 19 April 2015 lalu.  Edco pada tahun 2015 ini mengusung tema Sharpen Your Analytical Thinking Through Intelectual Debate . Tema ini menggambarkan kemampuan menyatakan pendapat melalui berdebat haruslah mempunyai dasar berpikir dan menganalisa sesuatu secara akademis. Dalam tema akademis, tentunya kita akrab dengan motion atau mosi yang berupa tema, ditentukan dan dirancang oleh adjudicated team  atau tim juri secara acak kepada peserta. Acara yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya ini, diikuti oleh 44 tim, sehingga berjumlah 88 peserta.
Pada Sabtu 18 April 2015, pengambilan mosi dilaksanakan di Auditorium Maftuchah Yusuf, IDB II Dewi Sartika, sedangkan debatnya  dilaksanakan di Gedung O , jurusan bahasa dan Sastra Inggris. Mosi yang dibahas  masih dalam satu lingkup tema yaitu berupa isu sosial dan isu politik, salah satu contohnya adalah LGBT yang merupakan singkatan dari Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender. Melalui tema yang merupakan isu masyarakat, EDCO menguji kemampuan peserta agar mampu berpikir secara analitis, berdasarkan analisa faktual. Tim juri yang akan menilai peserta berasal dari juri-juri yang berkompeten di bidangnya, salah satunya adalah pemenang EDCO yang sudah tiga kali memenangkan debat ini sebanyak tiga kali berturut-turut. Tidak hanya juri dari dalam UNJ, juri-juri juga berasal dari universitas lain yaitu UNTIRTA dan IPB.
Best Speaker
Sebelum memulai debat, peserta terlebih dahulu berkumpul di Auditorium Maftuchah Yusuf, IDB II Dewi Sartika untuk mengambil mosi yang akan dibahas pada debat. Kemudian setelah itu, peserta menuju ke Gedung O untuk melaksanakan lomba debat. Selain lomba debat, EDCO mendatangkan tamu dari AIESEC UNJ untuk mahasiswa UNJ yang tertarik untuk mencoba pengalaman belajar di luar negeri. Setelah lomba berakhir pada hari pertama, didapatkan delapan besar tim yang akan maju ke semi final.
Di hari ke dua pada tanggal 19 April 2015, semi final EDCO dilaksanakan di Aula Perpustakaan UNJ. Debat berlangsung seru dan penuh argumentasi yang cerdas dari para peserta. Hingga akhirnya juara 1 EDCO mendapatkan uang tunai Rp.1000.000,- + sertifikat + plakat dimenangkan oleh Leini Nadira Rambe dan Regina Nopia Helnaz, juara 2 EDCO mendapatkan uang tunai Rp. 800.000,- + sertifikat + plakat dimenangkan oleh Christanto dan Ganesha Frida Wijaya, juara 3 EDCO mendapatkan uang tunai Rp. 600.000 + sertifikat + plakat dimenangkan oleh Andrian Santosa dan Arry Ardiansyah, juara 4 EDCO mendapatkan uang tunai Rp. 400.000,- + sertifikat + plakat dimenangkan oleh Iqram Edilya dan Wahyu Wastuti, dan pembicara terbaik atau best speaker  mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 200.000,- + Piala + sertifikat dimenangkan oleh Regina Nopia Helnaz.
Juara 1 EDCO
EDCO 2015 berlangsung dengan baik dan meriah. Di era yang serba maju kali ini, generasi muda perlu melakukan perubahan yang minimal dilakukan dari cara berpikir dahulu, mematangkan kemampuan analisis berdasarkan fakta-fakta secara ilmiah kemudian mencari solusi dengan tepat sesuai masalah yang dihadapi. Puti selaku ketua pelaksana EDCO menuturkan “Janganlah takut berdebat, karena debat dapat dikemas secara fun dan menarik, selain itu debat juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara ilmiah dan kritis” .

Erna Cahyani

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878