Rabu, 21 Januari 2015

BAKTI SOSIAL ANGEL 2015

Pada tanggal 7-9 Januari kemarin, BEM FE UNTAR mengadakan acara Bakti Sosial  dengan tema ANGEL yang merupakan singkatan dari ”An act of kiNdness by Giving and hELping the society”. Acara bakti sosial ini telah dipersiapkan  sejak beberapa bulan yang lalu oleh para panitia dari dengan usahanya dalam melakukan penggalangan  dana, pengumpulan sumbangan hingga mencari sponsor-sponsor dari berbagai pihak dan kalangan. Acara bakti sosial itu sendiri merupakan acara tahunan dari BEM FE UNTAR. Pada kesempatan tahun ini acara bakti sosial dilaksanakan di desa Sirnagalih kecamatan Cilaku, kabupaten Cianjur  dan kedatangan kamipun disambut dengan gembira oleh warga setempat.



Hari pertama

Hari pertama diawali dengan pembukaan dan peresmian acara BAKSOS ANGEL 2015 oleh bapak Badru selaku wakil warga dan dilanjutkan oleh bapak Asep selaku Ketua RT 02 desa Sirnagalih kecamatan Cilaku, kabupaten Cianjur.

Setelah peresmian, acara dilanjutkan dengan penyuluhan diare dan hipertensi yang dibawakan oleh pihak UMRC (Unit Medis Reaksi Cepat) FK UNTAR. lalu dilanjutkan dengan penyuluhan sikat gigi bagi anak-anak. Mereka terilihat antusias saat mempraktekan cara menyikat gigi dengan benar seperti yang telah diajarkan sebelumnya oleh pihak panitia.

Pada sore harinya, anak-anak terlihat lebih gembira daripada sebelumnya karena mereka dapat bermain games-games seru seperti memindahkan karet, memasukkan sumpit kedalam botol, meniup balon, serta pesan berantai.

Hari pertama ini ditutup dengan diadakannya pasar murah di lapangan desa setempat. Terlihat antrian panjang warga desa yang sudah tidak sabar untuk memilih dan membeli pakaian, mainan anak, tas, dan barang-barang lainnya. Antrian panjang itu sudah terlihat bahkan sebelum  pasar murah dibuka.

Hari kedua

Sejak pagi hari sudah terlihat para warga desa Sirnagalih yang sedang mengantri untuk mendapatkan giliran pengobatan gratis. Warga yang sakit akan dicek tensi nya terlebih dahulu oleh pihak UMRC dan akan diperiksa oleh dokter Dr.Wilianto, Dr. Alfons Rynaldo Robby Sutjipto dari rumah sakit Royal Taruma dan Dr. Riko dari doctorshare untuk konsultasi lebih lanjut, lalu warga juga akan diberikan obat gratis sesuai dengan anjuran dari pihak dokter.

Setelah pengobatan gratis selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan pangkas rambut gratis yang ditangani oleh Achoung Salon. Kebanyakan dari warga yang ikut serta dalam pangkas rambut gratis ini adalah anak-anak, setelah itu acara pun dilanjutkan dengan penyuluhan cuci tangan yang benar oleh doctershare, anak-anakpun terlihat gembira dan antusias saat mempelajari cara cuci tangan yang baik dan benar, mereka juga terlihat tambah gembira karena mereka mendapatkan sabun cuci tangan gratis dari pihak Doctershare untuk berlatih cuci tangan yang baik di rumah mereka masing-masing.

Sejak sebulan yang lalu sebelum acara baksos ini dimulai, para panitia telah membantu menyediakan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan oleh warga desa untuk membangun poskamling di desa tersebut, dan akhirnya pada saat baksos ini berlangsung, poskamling itupun sudah jadi, dan pada akhir acara hari kedua ini diadakan kerja bakti dari pihak warga desa dan dari pihak panitia untuk bersama-sama mengecat poskamling yang sudah dibangun sebelumnya.

Hari ketiga

pada pagi hari dilaksakan penutupan acara BAKSOS ANGEL 2015 yang disertai dengan kata sambutan dari bapak Badru selaku wakil warga, bapak Asep selaku Ketua RT, Andri Alexander selaku Ketua Umum BEM FE UNTAR dan Gracia Audrey selaku Ketua Pelaksana BAKSOS ANGEL 2015. Acara dilanjutkan dengan pembagian kenang-kenangan berupa plakat kepada pihak UMRC, Doctorshare, Achoung salon, dan dokter dari Royal Taruma.

Uang hasil penjualan di pasar murahpun diserahkan kepada bapak Asep  untuk dipergunakan demi keperluan di desa tersebut. Dan yang terakhir di acara penutupan adalah peresmian poskamling.
Lalu sebagai acara terakhir BAKSOS ANGEL 2015, diadakan pembagian sembako untuk warga desa setempat. Terlihat antrian yang begitu panjang dan  senyuman dari wajah mereka yang sedang menunggu antrian tersebut.

Acara BAKSOS ANGEL 2015 pun sudah selesai dan telah berjalan dengan lancar. Akhir kata, BEM FE UNTAR mengucapkan terimakasih banyak kepada mahasiswa/i UNTAR, donatur, para sponsor yang terlibat dan kepada pihak-pihak lainnya yang telah bekerja sama dan telah mendukung hingga acara Baksos ini dapat berjalan dengan lancar. Semoga kedepannya kepedulian kita terhadap sesama, tidak berhenti sampai disini dan kita juga bisa lebih peduli terhadap mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Sampai bertemu lagi di acara Baksos tahun depan.


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878